Breaking News:

Ajari Anak-anak Perduli Bencana Alam, Mahasiswa IPB Luncurkan Program Kids Rescue

Kids Rescue adalah program pembelajaran mitigasi bencana alam dan lingkungan hutan bagi generasi muda

Humas IPB
Mahasiswa IPB menggelar kegiatan dengan melibatkan anak-anak untuk perdulu terhadap bencana alam lewat program Kids Rescue. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) gencar melakukan inovasi dengan melibatkan anak-anak untuk perduli terhadap bencana alam yang sering terjadi di Bogor.

Ide mendidik anak-anak untuk siap siaga terjadinya bencana tumbuh dari ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan ini diberi nama Kids Rescue.

Kids Rescue adalah program pembelajaran mitigasi bencana alam dan lingkungan hutan bagi generasi muda dalam menghadapi global warming.

Lokasinya di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Sering terjadi longsor di sekitar TNGHS membuat mahasiswa IPB Kresna Bhayu Adelta beserta rekannya tergerak dalam pembuatan PKM di bidang lingkungan ini. 

Berdasarkan data dari United Nations International Strategy of Disaster Reduction (UNSDR) disebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama untuk bencana longsor yang kemudian disusul oleh India, Cina, dan Filipina.

Sebagian besar bencana longsor disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi dan sistem tektonik yang aktif pada saat itu.

Walaupun longsor sering terjadi, masyarakat belum memahami pentingnya sebuah tindakan mitigasi atau upaya untuk mengurangi risiko bencana longsor tersebut.

Program pembelajaran mitigasi bencana ini memfokuskan pelatihan mitigasi bencana kepada guru-guru yang diharapkan dapat mengimplementasikan kepada murid-muridnya. 

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved