Breaking News:

Pilpres 2019

Pengamat Sebut Prabowo dan Jokowi Masih Dilema Tentukan Cawapres

Namun yang jelas, kedua kubu harus mempertimbangkan potensi elektoral dan kemampuan mesin politik masing-masing.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Kolase TribunnewsBogor.com
Prabowo Subianto dan Joko Widodo 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pengamat politik, Nyarwi Ahmad mengatakan kubu petahana Joko Widodo dan capres Prabowo Subianto sama-sama dilema dalam menentukan calon wakil presidennya di Pilpres 2019.

"Kedua capres ini dilema terkait tiket cawapres. Arah koalisi memang menentukan siapa cawapres nantinya. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah masing-masing kubu saling menunggu lawannya menyebut cawapres terlebih dahulu," ujar Nyarwi, di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

Direktur Presidential Studies DECODE UGM tersebut menyebut faktor tokoh sentral akan sangat mempengaruhi keputusan Prabowo ataupun Jokowi dalam menentukan nama Cawapresnya.

Ajak Relawan Tidak Cari Musuh dan Tak Takut Bila Diajak Berkelahi, Jokowi Dibela Sudjiwo Tedjo

"Bedanya adalah kemampuan masing-masing pihak, tokoh sentralnya ini siapa, pembisiknya ini yang mungkin menentukan (cawapres, - red)," kata dia.

Namun yang jelas, kedua kubu harus mempertimbangkan potensi elektoral dan kemampuan mesin politik masing-masing.

"Poros ketiga bisa muncul last minute atau tanggal 9 malam. Politik cair sangat menentukan. Seandainya (nama cawapres sudah) tetap, kemampuan mesin politik tentu akan berbeda, nah itu harus dipertimbangkan dengan baik. (Kalau) soal nama kita sudah banyak tahu yang beredar," katanya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya

(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat Sebut Jokowi dan Prabowo Masih Dilema dalam Menentukan Cawapres)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved