Breaking News:

IPB Bentuk Sekolah Kepemimpinan untuk Cetak Dosen Unggul

Sekolah Kepemimpinan ini juga sebagai bentuk pelatihan bagi dosen-dosen unggul yang bertujuan membangun kepercayaan diri

Editor: Soewidia Henaldi
Humas IPB
Direktorat Sumber Daya Manusia, Institut Pertanian Bogor mengadakan sesi diskusi dan presentasi dengan tema, Peran Departemen Menuju Technopreneur University. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Merespon berbagai sinyal perubahan yang terjadi di era digital, Direktorat Sumber Daya Manusia, Institut Pertanian Bogor (SDM IPB) mengadakan sesi diskusi dan presentasi dengan tema.

Diskusi dengan tema "Peran Departemen Menuju Technopreneur University" digelar di IPB International Convention Center, Bogor beberapa waktu lalu.

"Prestasi yang dihasilkan departemen juga merupakan prestasi IPB. Sehingga adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana berbagi inspirasi, bukan kompetisi. Kita perlu bersama merumuskan strategi IPB, untuk dibawa kemana. Jangan sampai IPB tergerus era disrupsi dan hanya tinggal kenangan," ujar Wakil Rektor IPB bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Agus Purwito dalam sambutannya.

Dr. Agus Purwito juga menyampaikan bahwa mengumpulkan seluruh ketua departemen dalam satu ruangan untuk berdiskusi adalah sebuah kesempatan yang langka.

Sehingga, melalui sesi curhat dan evaluasi inilah tiap departemen yang membawa keunikan masing-masing dapat saling berbagi ide.

Selain itu, dapat menjadi kekuatan dahsyat yang dapat diterapkan IPB baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Hal senada disampaikan Direktur SDM IPB, Dr. Titik Sumarti, “Sesi diskusi ini merupakan salah satu langkah latihan terbaik bagi departemen dalam menjalankan program-program kerjanya untuk mendukung visi dan misi IPB ke depan sebagai technopreneur university,” lanjutnya.

Selain sebagai bentuk monitoring dan sarana apresiasi terhadap program dan capaian yang telah dilakukan oleh tiap departemen selama setahun terakhir.

Pada momen ini juga dibentuk Sekolah Kepemimpinan bagi ketua departemen di IPB.

Sekolah Kepemimpinan ini juga sebagai bentuk pelatihan bagi dosen-dosen unggul yang bertujuan membangun kepercayaan diri ketua departemen sebagai pemimpin-pemimpin terbaik khususnya di lingkungan IPB.

“Kegiatan berbagi pengalaman antar departemen di IPB ini sangat penting, mengingat tiap departemen memiliki permasalahan yang berbeda. Bisa saja permasalahan yang dihadapi oleh departemen A telah diselesaikan dengan baik oleh departemen B. Diperlukan teknik untuk merangkul warga IPB untuk berproses dan meraih prestasi bersama. Jadi, diskusi ini adalah bentuk sarana saling belajar,” kata Ketua Pelaksana sekaligus Juri, Prof. Purwatiningsih.

Ia menambahkan, program-program unggulan dari departemen akan diadopsi menjadi program unggulan IPB sehingga dapat memberikan kebermanfaatan lebih luas.

Harapannya, kegiatan diskusi dan berbagi pengalaman seperti ini dapat terus dilanjutkan di tahun-tahun selanjutnya, agar departemen di IPB semakin berbenah menjadi prestatif.

Kegiatan ini dihadiri dekan, wakil dekan, ketua departemen se-IPB.

Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Drajat Martianto dan Wakil Rektor bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan IPB, Prof. Erika Budiarti Laconi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved