Semarak Helaran Seni dan Budaya di Hari Jadi Bogor Ke-536, Tampilkan Kesenian dari Tanah Sunda

helaran atau pawai seni budaya menampilkan parade karnaval guna mengenalkan potensi kebudayaan Bogor dan mendatangkan wisatawan.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Afdhalul Ikhsan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Parade Helaran seni dan budaya pada Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 di Kota Bogor dimeriahkan oleh enam kota/kabupaten.

Diantaranya, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Subang.

Sesuai tujuannya, helaran atau pawai seni budaya menampilkan parade karnaval guna mengenalkan potensi kebudayaan Bogor dan mendatangkan wisatawan.

Parade budaya tersebut dilepas langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman beserta unsur Muspida lainnya.

Seperti tahun sebelumnya, kali ini Bima kembali menunggagi kuda beserta unsur Muspida yang turut hadir. Rute yang dilewati dari Taman Air Mancur melewati Jalan Sudirman, Jalan Ir H Djuanda dan berakhir di Taman Kencana.

helaran
(TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan)

Namun ada yang berbeda, sejak pagi buta warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Sudirman, rupanya mereka menunggu iring-iringan kuda, delman hias, mobil-mobil hias dan disusul dengan iring-iringan kereta kencana yang diisi para istri-istri pejabat.

Warga pun semakin berdesakan untuk mengabadikan momen setahun sekali itu menggunakan handphone. Pasalnya setiap tahun helaran HJB kerap berubah.

"Iya mau gak mau nunggu dari pagi untuk ngambil foto. Pokoknya ini gak boleh dilewatkan karena setahun sekali itu dan pasti berubah yang ditampilkan, seperti saat ini misalnya ada iringan kereta kencana terus ada penampilan sanggar budaya ditampilkan di sepanjang jalan ini menuju panggung utama," kata salah satu warga Bogor, Hilda (40) dilokasi, Minggu (12/8/2018).

helaran
(TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan)

Sebanyak 52 peserta sanggar seni dan komunitas tampil menghibur masyarakat di panggung utama yang dipasang di dekat Taman Peranginan, Jalan Sudirman.

Halaman
12
Penulis: Afdhalul Ikhsan
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved