Ramai Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Ini Peringkat Indonesia Soal Kemampuan Bahasa Inggris

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris orang dewasa Indonesia berada di level menengah.

kompasiana
ilustrasi belajar bahasa Inggris 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Debat Capres-cawapres pada Pilpres 2019 diusulkan menggunakan bahasa Inggris oleh salah satu kubu pendukung capres-cawapres.

Memang, Bahasa Inggris sudah lama menjadi bahasa yang wajib dikuasai seseorang jika harus berkomunikasi orang-orang dari negara lain.

Khusus untuk kemampuan bahasa Inggris, banyak yang menilai bahwa kebanyakan orang Indonesia tidak pandai berbahasa Inggris.

Namun, benarkah demikian? 

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dirilis oleh English First (EF) yakni EF EPI (EF English Proficiency Index) 2015 mengungkapkan, kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia khususnya orang dewasa berada di urutan ke-32 dari 70 negara.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris orang dewasa Indonesia berada di level menengah.

Selain itu, ditemukan pula bahwa rata-rata kemampuan bahasa Inggris wanita Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pria Indonesia.

Sindir Usulan Debat Pakai Bahasa Inggris, Aib Ruhut Sitompul Malah Dibongkar Kubu Prabowo

Soal Usul Debat Pakai Bahasa Inggris, Dahnil A Simanjuntak Prediksi Gaya Solo English Bakal Populer

Dalam penelitian tersebut, EF melakukan tes bahasa inggris terhadap 910.000 orang dewasa dari 70 negara di dunia dengan rentang usia 20-31 tahun.

Hasil penelitian EF EPI didapatkan dengan menggabungkan data dari EF Standar English Test (EFSET) yaitu sebuah tes bahasa Inggris gratis pertama yang telah memenuhi standard dan diakui di dunia.

Director of Educational Research and Development EF English Firts, Steve Croock mengatakan, EF EPI mampu memberikan gambaran dan menganalisa hubungan antara kemampuan bahasa Inggris dengan daya saing ekonomi suatu negara.

Halaman
12
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved