Breaking News:

Taman Safari Indonesia Serahkan Sepasang Komodo ke TMII

Jansen menjelaskan, komodo yang ada di Taman Safari Indonesia dikembangbiakkan mulai dari masa kawin, mengerami, bertelur dan menetas.

Penulis: Sachril Agustin Berutu | Editor: Damanhuri
Humas TSI
Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Taman Safari Indonesia dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melakukan serah terima satwa secara simbolis.

Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang mengatakan, penyerahan ini merupakan bentuk kerja sama lanjutan antara Taman Safari Indonesia dengan TMII.

"Taman Safari Indonesia memberikan sepasang komodo berusia satu tahun ke TMII," katanya, di Taman Safari Indonesia, Selasa (18/9/2018).

Ia menambahkan, Taman Safari Indonesia sendiri menerima beberapa jenis satwa, yang di antaranya adalah unggas.

"Kegiatan ini adalah kerjasama antar lembaga konservasi dalam negeri terhadap konservasi satwa langka secara berkelanjutan dan termonitoring. Kerjasama meliputi bidang konservasoi, tehnologi, dan Sumber Daya Manusia," tuturnya.

Jansen menjelaskan, komodo yang ada di Taman Safari Indonesia dikembangbiakkan mulai dari masa kawin, mengerami, bertelur dan menetas.

Hal ini, lanjutnya, berhasil karena kerja keras dari team Taman Safari Indonesia dan keeper reptil.

"Ini juga tak luput dari pengawasan yang dilakukan. Keberhasilan ini juga tak lupa dari design exhibith yang menyerupai alam aslinya dan menggunakan tata surya sebagai pemanas alami," terangnya.

Untuk komodo yang telah menetas, dikatakannya, dilakukan penimbangan dan pengukuran panjang badan setiap dua minggu sekali.

Pemberian pakan, kalsium, dan penjemuran secara berkala juga turut dilakukan agar komodo bisa terus hidup.

"Taman Safari Indonesia merasa bangga dapat mengembangbiakan komodo, yang merupakan spesies satwa langka yang mendapat predikat sebagai Satwa Nasional," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved