Pileg 2019

Keterwakilan Perempuan 50 Persen, Partai Ini Usung Caleg Paling Sedikit Di DCT Pileg Kabupaten Bogor

data KPU Kabupaten Bogor, partai tersebut adalah Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia yang hanya mengusung 4 orang caleg untuk 2 dapil.

Keterwakilan Perempuan 50 Persen, Partai Ini Usung Caleg Paling Sedikit Di DCT Pileg Kabupaten Bogor
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kantor KPU Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Salah satu partai dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif Kabupaten Bogor memiliki jumlah caleg paling sedikit di antara yang lainnya.

Menurut data KPU Kabupaten Bogor, partai tersebut adalah Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia yang hanya mengusung 4 orang caleg untuk 2 dapil.

Jumlah caleg partai ini sangat jauh lebih sedikit daripada 19 partai lainnya yang rata-rata mengusung 50 caleg untuk 6 dapil.

Keterwakilan perempuan untuk partai ini pun mencapai 50 persen yang sudah memenuhi syarat minimal 30 persen.

Sementara itu, dari DCT yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bogor tercatat ada 479 caleg laki-laki dan 269 caleg perempuan dengan keterwakilan perempuan sebanyak 35,96 persen.

Diketahui bahwa syarat keterwakilan perempuan minimal 30 persen ini diberlakukan sebagai upaya meningkatkan peran perempuan dalam perpolitikan.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor akhirnya menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) yang akan mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Bogor, Kamis (20/9/2018).

Jumlah DCT ini sebanyak 748 caleg yang terdaftar dari 20 partai politik yang sudah memenuhi syarat.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, mengatakan bahwa jumlah tersebut sudah melalui tahapan tanggapan masyarakat, mediasi dan ajudikasi Bawaslu Kabupaten Bogor.

"Ini udah fix, 748 (DCT), paling dekat nanti kampanye, tanggal 22 (September 2018) pelaporan awal dana kampanye, tanggal 23 udah mulai kampanye," ungkap Ummi, Kamis (20/9/2018).

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved