Breaking News:

IPB Launching Agripoint, Pasar Rakyat dan Snack Sehat Kampung Posdaya di Pasar Rakyat Tani 2018

Kegiatan PRT merupakan pengabdian IPB dari kebun sampai ke konsumen, dimana IPB menciptakan akses pasar bagi produk-produk pertanian dan produk olahan

Humas IPB
launching Agripoint, Pasar Rakyat dan Snack Sehat Kampung Posdaya pada Pasar Rakyat Tani (PRT) 2018 dengan mengusung tema “Kebangkitan Ekonomi Pedesaan”, 23/9 di Kampus IPB Dramaga, Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tim Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) IPB menggelar launching Agripoint, Pasar Rakyat dan Snack Sehat Kampung Posdaya pada Pasar Rakyat Tani (PRT) 2018.

Kegiatan tersebut dalam rangka Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-55, terutama untuk memberdayakan para petani singkong dan ubi jalar di desa atau di Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang ada di lingkar kampus IPB.

 Acara tersebut mengusung tema “Kebangkitan Ekonomi Pedesaan” yang digelar pada Minggu (23/9/2018) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kegiatan PRT merupakan pengabdian IPB dari kebun sampai ke konsumen, dimana IPB menciptakan akses pasar bagi produk-produk pertanian dan produk olahan.

Selain launching Agripoint, Pasar Rakyat dan Snack Sehat Kampung Posdaya, PRT juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan diantaranya Bazaar Produk Pertanian, Festival Dolanan Anak oleh Agrianita IPB, Pentas Seni Mahasiswa, Kuliner dan Apresiasi Desa Binaan Organisasi Kemahasiswaan IPB.

"Dalam Pasar Rakyat, IPB telah melakukan pembinaan kepada masyarakat petani lingkar kampus dan masyarakat petani lingkat kampus menginginkan IPB mempunyai andil. Andil yang besar adalah bagaimana IPB bisa menghasilkan benih-benih unggul yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat petani lingkar kampus dan petani lingkar kampus dapat menjual atau memasarkan ke IPB," kata Rektor IPB, Dr. Arif Satria saat membuka kegiatan.

Lanjutnya, IPB sendiri membantu memasarkan produk-produk tersebut atau IPB sebagai fasilitator untuk market produk petani lingkar kampus.

Kalau ini bisa terjadi maka IPB akan benar-benar mengembangkan inovasinya untuk bermanfaat bagi masyarakat dan petani sekitar kampus.

IPB
(Humas IPB)

“Pasar Rakyat juga dapat memberi kemudahan kepada petani dan masyarakat sekitar kampus IPB untuk menciptakan media transaksi penjualan hasil-hasil produk petani dari desa-desa mitra IPB sekitar kampus. Masyarakat petani dapat memanfaatkan potensi pasar yang besar di IPB dengan adanya ribuan dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan serta alumni dan juga berbagai usaha pendukung seperti kantin yang tersebar di IPB, “ kata Arif Satria.

Harapannya LPPM IPB harus terus punya peran yang luar biasa untuk mendongkrak hasil-hasil inovasi di masyarakat, agar masyarakat semakin berdaya dan mensejahterkan masyarakat tani.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved