Info Kesehatan

Hati-hati ! Sering Mengantuk Siang Hari, Tanda Kamu Terserang 2 Penyakit Ini

Hal ini dikarenakan mengantuk berlebihan di siang hari bisa merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang serius

Shutterstock/Tom Wang
ilustrasi mengantuk 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Banyak ahli yang menyarankan agar orang mencukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam setiap malam agar tidak merasa mengantuk di siang hari.

Bagaimana pun, masih tetap ada orang yang kurang tidur yang membuatnya dihantui rasa kantuk keesokan harinya.

Namun, jika rasa kantuk di siang hari terasa semakin parah, cobalah meminta bantuan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hal ini dikarenakan mengantuk berlebihan di siang hari bisa merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang serius di antaranya:

1. Waspada penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 84.000 wanita di AS, para peneliti menghubungkan antara rasa kantuk berlebihan di siang hari dengan risiko penyakit jantung.

Namun, sebenarnya yang menjadi penyebab adalah adanya gangguan dan penyakit lain, sehingga seseorang menjadi mudah mengantuk di siang hari.

"Mengantuk di siang hari biasanya terkait dengan jam tidur yang kurang, kerja lembur, atau mengorok. Semua gangguan tersebut terkait dengan gangguan metabolik seperti diabetes yang merupakan faktor risiko untuk stroke dan penyakit jantung," kata ketua peneliti James E.Gangwisch.

Dalam penelitiannya, ia menganalisa data lebih dari 84.000 wanita yang mengikuti Nurses Health Study II antara tahun 2001 sampai 2009.

Di akhir penelitian, 500 wanita didiagnosa sakit jantung atau stroke.

Halaman
123
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved