Breaking News:

Saluran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Tersumbat Sampah, Kualitas Air untuk Pelanggan Tercemar

penyebab pemadaman air PDAM Tirta Pakuan Bogor karena beberapa hal, yakni sampah, lumpur, limbah industri dan kebocoran pipa.

TribunnewsBogor.com/Ardhi Sanjaya
Air PDAM Titra Pakuan Kota Bogor tak mengalir di bubulak, Kamis (17/5/2018) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengatakan tak mengalirnya air ke rumah pelanggan di seluruh Kota Bogor karena adanya penyumbatan pada pipa.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Ade Syaban, mengatakan, penyebab pemadaman air karena beberapa hal, yakni sampah, lumpur, limbah industri dan kebocoran pipa.

"Ketika air tercemar, maka direct-nya berdampak dan dikurangi agar tidak menyebar. Misalnya, air yang mengalir turun menjadi berapa liter per detik. Selain itu, dipakai sistem buka tutup agar air yang tercemar tidak tersebar," katanya, di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Rabu (26/9/2018).

Ade menambahkan, saat dilakukan pemadaman, pipa air akan dalam kondisi kosong.

Setelah gangguan selesai diatasi, air bisa dialiri kembali.

Namun, akibat kosongnya pipa, air akan diisi kembali dari paling bawah.

"Letak pipa air kan beda-beda di berbagai lokasi. Ada yang diatas, dibawah, dan lain-lain. Karena pengisian, tentunya air akan ke bawah terlebih dahulu. Karena itu lah, misalnya, di tempat A yang sudah menyala, tapi di tempat B, dua jam kemudian baru menyala. Sementara di tempat C, empat jam kemudian baru menyala," tuturnya.

Penulis: Sachril Agustin Berutu
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved