Breaking News:

Menginjak Umur Dewasa, Sepasang Panda Di Taman Safari Indonesia Akan Dikawinkan

Perkawinan tersebut merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu pihak TSI karena bisa menghasilkan Panda asli kelahiran Indonesia.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Panda di Taman Safari Indonesia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Pihak Taman Safari Indonesia (TSI) akan segera mempertemukan sepasang panda bernama Cai Tao dan Hu Chun untuk dikawinkan.

Sepasang panda ini merupakan hasil kerjasama konservasi dengan Tiongkok yang dimulai tahun 2017 lalu dan kini sudah menginjak umur cukup dewasa yakni 8 tahun.

Perkawinan tersebut merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu pihak TSI karena bisa menghasilkan Panda asli kelahiran Indonesia.

"Berikutnya ada langkah untuk memperkenalkan, mendekatkan, bagaimana cara memperkawinkan (Cai Tao dan Hu Chun), kita usahakan," kata Direktur TSI, Jansen Manansang, belum lama ini.

Namun, jika perkawinan tersebut gagal dan masih tidak menghasilkan bayi panda, kata dia, masih ada cara kedua.

Cara kedua ini, kata Jansen, menggunakan teknologi Artificual Insemination (AI) atau inseminasi buatan.

"Kalau sampai gagal, kita coba lagi, dengan satu cara yaitu artificial insemination, pasti kita akan melakukannya," kata Jansen.

Namun jika breeding panda di konservasi TSI tetap gagal, kata Jansen, kemungkinan pihaknya akan mencari pasangan panda lain dan diajukan kembali ke pemerintah Tiongkok.

"Tapi kami masih yakin (berhasil)," ungkap Jansen.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved