Gempa di Donggala

Ini Daftar Negara yang Umumkan Beri Bantuan Untuk Korban Gempa di Palu dan Donggala

Menurut Wiranto, tawaran diberikan mengingat eratnya hubungan yang dibangun antara pemerintah Indonesia dengan negara lain.

Ini Daftar Negara yang Umumkan Beri Bantuan Untuk Korban Gempa di Palu dan Donggala
(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Suasana prosesi pemakaman massal korban gempa tsunami palu di Poboya, Mantikulore, Palu, Senin (1/10). Sebanyak 18 jenazah dimakamkan secara bersamaan, dan dilakukan secara bertahap. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sejumlah negara langsung menawarkan bantuan pasca- gempa dan tsunami yang melanda Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, pekan lalu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjabarkan, sudah ada 18 negara yang menawarkan bantuan.

Menurut Wiranto, tawaran diberikan mengingat eratnya hubungan yang dibangun antara pemerintah Indonesia dengan negara lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan negara maupun organisasi yang telah mengumumkan jenis bantuan yang bakal diberikan untuk korban gempa dan tsunami Sulteng.

1. Amerika Serikat ( AS)

Presiden Donald Trump dalam konferensi pers menuturkan telah mengirim bantuan seperti First Responder, militer, dan tim lainnya untuk menangani dampak bencana.

"Mereka terkena tsunami besar, banyak orang tidak pernah melihatnya. Tapi penduduk di dunia bagian lain kerap mengalaminya," ucapnya.

Presiden berusia 72 tahun itu melanjutkan bakal menghubungi Presiden Joko Widodo yang dipujinya sebagai pemimpin hebat.

Mengutip salah satu temannya yang meneliti bencana alam, pria berusia 72 tahun itu mengatakan tsunami merupakan bencana paling buruk di antara bencana alam lainnya.

"Kalian menyaksikan tornado, badai, dan bencana alam lainnya yang berbeda. Tapi dia bilang, tsunami adalah yang terburuk," kata Trump.

Sempat Terseret ke Dalam Air, ABK Ini Ceritakan Detik-detik Saat Selamatkan Puluhan Korban Tsunami

Halaman
1234
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved