Gempa di Donggala

Pesawat Hingga Rumah Sakit Lapangan Dikirim 14 Negara untuk Bantu Tangani Musibah Gempa di Sulteng

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk dapat mempertanggungjawabkan dengan baik dan menggunakannya secara tepat sasaran.

Pesawat Hingga Rumah Sakit Lapangan Dikirim 14 Negara untuk Bantu Tangani Musibah Gempa di Sulteng
Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Menko Polhukam Wiranto menyebut sudah ada 18 negara yang menawarkan bantuan ke Indonesia dalam penanganan gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"18 negara menyampaikan keinginan membantu tapi pagi ini sudah terdaftar 14 negara yang sudah membantu ini-ini," ujar Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

‎Wiranto menjelaskan, bantuan untuk Palu dan Donggala dari negara-negara sabahat berupa pesawat, tenda, rumah sakit lapangan, alat penyedia air minum, alat fogging, dan lain-lainnya.

‎"Ada yang menyumpang water treatment dari Jepang, pesawat dari India, lalu ada dari Malaysia, Korea Selatan, dan negara lainnya," ujar Wiranto.

‎Menurut Wiranto, bantuan pesawat sudah ada yang datang dari negara Singapura, dimana jenis pesawat yang dibutuhkan yaitu C130 agar bisa mendarat di Bandara di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu.

"Singapur dua pesawat, Malaysia, Korea, India juga, dan Amerika juga bisa untuk bantu pesawat angkut C130 dan ini saya kira sangat membantu," ujar Wiranto.

‎Dalam menerima bantuan dari dunia internasional, kata Wiranto, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk dapat mempertanggungjawabkan dengan baik dan menggunakannya secara tepat sasaran.

"Ini akan terus bergulir (bantuan) tidak sampai tanggap darurat tapi sampai rekonstruksi, ‎Presiden mengarahkan bantuan diterima dengan baik dimanage dengan baik dipertanggungjawabkan dengan baik, dan ini buah dari proses lawatan-lawatan presiden," ujar Wiranto.

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved