Nilai Tukar Rupiah ke Dollar AS Sentuh Rp 15.000 , Menko Luhut : Kenapa Mesti Risau?

Dia mengungkapkan, nilai tukar rupiah saat ini yang saat ini berada dikisaran Rp 15.000 per dollar AS hanya level psikologis baru.

Nilai Tukar Rupiah ke Dollar AS Sentuh Rp 15.000 , Menko Luhut : Kenapa Mesti Risau?
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Menteri Koordintor Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi dosen tamu di IPB, Kamis (2/3/2017) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak perlu risau dengan nilai tukar rupiah dengan dollar AS yang sampai pada level Rp 15.000.

"Saya rasa tidak ada masalah, kenapa mesti risau ada (di level) Rp 15.000,"ujar Luhut di Kantor Menko Bidang Kemaritiman, Rabu (3/10/2018) malam.

Dia mengungkapkan, nilai tukar rupiah saat ini yang saat ini berada dikisaran Rp 15.000 per dollar AS hanya level psikologis baru.

"Dulu level psikologis (ada di level) Rp 10.000, terus (ke level) Rp 13.000, ya sekarang Rp 15.000. Karena apa saya bilang tidak perlu risau? Karena inflasi kita masih bagus, terus hutang kita juga masih rendah. Malah kemarin saya di New York ketemu dengan beberapa fund manager yang mengatakan kenapa kalian tidak tambah utang lagi? Karena room kalian utang masih luas," paparnya.

TERPOPULER - Soal Penyebab Wajah Ratna Sarumpaet Bonyok, Tompi Ingin Beri Contoh Foto Pasien Oplas

Luhut pun menjelaskan, pemerintah saat ini juga berupaya melakukan berbagai langkah untuk menekan laju impor di Indonesia.

Di antaranya penerapan kewajiban pemakaian biodiesel (B20), pengembangan pariwisata, dan penggunaan TKDN.

Dia minta agar soal nilai tukar rupiah ini tidak dibesar-besarkan dan seakan terpuruk.

"Jadi kita jangan lihat itu hanya dari satu sisi saja, bahwa betul rupiah (ada di level) Rp 15.000. Namun, kalau dilihat sekarang APBN kita sangat kredibel. Tidak ada masalah untuk pendanaan. Orang kita bayar untuk di Palu, Ibu Ani ngasih duitnya. Jadi, kita tidak usah ceritain sama orang-orang yang tidak jelaslah," jelas Luhut.

Sempat Menyita Perhatian, Ini 3 Drama Babak Belur Tokoh Publik Tanah Air

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 15.075 per dollar AS pada perdagangan pasar spot sore, Rabu (3/10/2018).

Posisi tersebut 32 poin melemah atau 0,22 persen dari penutupan Selasa (2/10/2018) sore di level Rp 15.043 per dollar AS.

Sementara itu untuk kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp 15.088 per dollar AS atau melemah 100 poin dari hari sebelumnya di Rp 14.988 per dollar AS.

Persija Jakarta Bakal Jamu Perserui Serui, Marko Simic: Momentum Bagi Persija Untuk Bangkit

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko Luhut: Buat Apa Risaukan Rupiah ke Rp 15.000 Per Dollar AS?",
Penulis : Putri Syifa Nurfadilah
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved