Gempa di Donggala

Pelabuhan Donggala Telah Beroperasi Kembali, Dioptimalkan untuk Penyaluran Bantuan

pihak Kementerian Perhubungan telah melakukan pengecekan fisik dermaga untuk memastikan faktor keselamatan dan keamanan

Pelabuhan Donggala Telah Beroperasi Kembali, Dioptimalkan untuk Penyaluran Bantuan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Efek gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Pelabuhan Donggala di Sulawesi Tengah kini sudah bisa beroperasi dan kembali melayani penyeberangan.

Maka kini sudah ada dua pelabuhan yakni Pelabuhan Donggala dan Pelabuhan Pantoloan yang bisa digunakan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana tsunami dan gempa di Palu dan Donggala.

Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menjabarkan kapal KN. Merak milik Distrik Navigasi Kelas I Bitung merupakan kapal pertama yang singgah di Pelabuhan Donggala kemudian diikuti kapal KAL. Birang dan KAL. Suluh Pari.

“Kami bersyukur karena Pelabuhan Donggala sudah bisa beroperasi melayani kapal sehingga proses bongkar muat dan penyaluran bantuan bisa lebih cepat dan merata sampai ke warga di wilayah sekitarnya,” ujar Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo melalui keterangan resminya, Jumat (5/10/2018).

Agus menjelaskan sebelum resmi dioperasikan, pihak Kementerian Perhubungan telah melakukan pengecekan fisik dermaga untuk memastikan faktor keselamatan dan keamanan karena Pelabuhan Donggala ikut terkena dampak gempa.

Hasil cek fisik sementara menyatakan, dermaga Pelabuhan Donggala yang dapat digunakan saat ini memiliki panjang 80 meter, kedalaman pasang terendah 7 meter, kondisi kokoh dan siap digunakan.

"Sebelumnya kami telah melakukan pengecekan fisik kesiapan dermaga untuk memastikan faktor keselamatan dan keamanannya, mengingat Pelabuhan Donggala ada kerusakan pada beberapa akibat gempa," jelas Dirjen Agus.

(Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy) 

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved