Breaking News:

Satpol PP Kabupaten Bogor Segel Galian Tanah Ilegal Di Cileungsi dan Klapanunggal

Penyegelan ini dilakukan di dua titik yakni galian tanah di kawasan Cileungsi dan kawasan Kalapanunggal, Kabupaten Bogor.

Dokumentasi Satpol PP Kabupaten Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Satpol PP Kabupaten Bogor hari ini melakukan penyegelan terhadap usaha galian tanah ilegal di wilayah Timur Kabupaten Bogor, Selasa (16/10/2018).

Penyegelan ini dilakukan di dua titik yakni galian tanah di kawasan Cileungsi dan kawasan Kalapanunggal, Kabupaten Bogor.

"Iya, penyegelan hari ini di Cileungsi dan Kalapanunggal," kata Kabid Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho kepada wartawan, Selasa (16/10/2018).

Ia mengatakan bahwa penertiban ini berlangsung aman tanpa perlawanan dan nanti akan dilanjut dengan penertiban di titik-titik galian tanah ilegal lainnya.

Diberitakan sebelumnya, Agus mengatakan bahwa di Kabupaten Bogor titik-titik galian tanah ini melibatkan 14 kecamatan.

"Paling banyak itu di wilayah timur, karena lokasinya gak jauh dari Jakarta," kata Agus kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (4/10/2018).

Sebelum penertiban, Agus menjelaskan bahwa pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan Pemprov Jawa Barat yang memiliki wewenang terkait regulasi penambangan sumber daya mineral.

Lanjut dia, Pemprov Jabar punya perda yang bisa membawa para penambang galian ilegal ini ke ranah hukum sehingga memberikan efek jera.

"Kita bisa limpahkan ke Polres untuk ditindak lanjuti. Karena pada Perda Provinsi tentang SDM dijelaskan pada pasal 82 terkait galian mineral tak berizin itu ditarik penangananya kepada undang-undang," ungkap Agus.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved