Foto Beruang Kawin di Ragunan Jadi Juara Lomba Foto Satwa Internasional, Ini Cerita Fotografer

Sofyan juga menejelaskan dalam pemotretan beruang tersebut ia menggunakan lensa 70-200 mm disertai mode continues shutter

Foto Beruang Kawin di Ragunan Jadi Juara Lomba Foto Satwa Internasional, Ini Cerita Fotografer
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Foto pemenang lomba International Animal Photo Competition (IAPC) 2018 yang digelar oleh Taman Safari Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Foto beruang di Ragunan ini berhasil menyabet juara 1 kategori umum dalam International Animal Photo Competition (IAPC) 2018 yang digelar oleh Taman Safari Indonesia.

Foto tersebut diambil oleh sang fotografer bernama Sofyan effendi.

Sofyan menuturkan bahwa ia sangat menyukai binatang terutama jenis kucing hingga ia pun pergi ke Ragunan untuk memfoto harimau.

Namun saat melintasi kandang beruang, ia melihat sepasang beruang tengah berkelahi.

"Sebelum ke kandang harimau benggala, lewatin ini dulu. Aku fotoin kandang per kandang nunggu momen," kata Sofyan kepada TribunnewsBogor.com.

Pria yang sudah menjadi fotografer sejak 1999 ini mengaku bahwa dirinya harus menunggu momen hingga sekitar 4 jam lamanya dari sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Sofyan juga menejelaskan dalam pemotretan beruang tersebut ia menggunakan lensa 70-200 mm disertai mode continues shutter, ditambah pencahayaan natural dari matahari yang terik.

"Pas momen berantem itu ya aku foto-foto aja. Memang kata pawangnya dia mau kawin, jadi sebenernya dia gak berkelahi," kata Sofyan.

Selama memotret, ia mengaku tidak ada kendala lain kecuali harus menunggu momen yang pas.

Ia juga mengaku tak menyangka bisa meraih juara 1 dalam lomba IAPC 2018 pada Sabtu (13/10/2018) lalu yang ditutup di Puncak Bogor tersebut.

"(Foto) Aku lihatnya kekuatan beruang itu sendiri dengan cakarnya, dengan taringnya, dia sesuatu yang ada di alam ini lho," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved