Tahun Depan Warga Sementara Ibadah di Ruang Basement Masjid Agung Bogor yang Belum Beres Direnovasi

Tahun depan warga sementara baru bisa menggunakan lantai basemant Mesjid Agung Bogor

Tahun Depan Warga Sementara Ibadah di Ruang Basement Masjid Agung Bogor yang Belum Beres Direnovasi
TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu
Masjid Agung Bogor masih direnovasi, Senin (5/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Sachril Agustin Berutu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tahun depan warga sementara baru bisa menggunakan lantai basemant Mesjid Agung Bogor lantaran hingga saat ini masih tahap renovasi.

Masjid Agung Bogor yang berlokasi diwilayah Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor hingga saat ini belum dapat dipergunakan oleh warga sekitar untuk beribadah.

"Basement ini sementara waktu bisa digunakan untuk tempat beribadah warga ketika tahun anggaran 2018 sudah selesai. Nanti bila Masjid Agung telah rampung seluruhnya, masyarakat yang akan melaksanakan salat akan di lantai satu dan mezzanine," kata Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Herman Rusli, Senin (5/11/2018).

Ia menambahkan, sekarang ini, pembangunan Masjid Agung Bogor sedang dalam tahap pembuatan tempat wudhu dan toilet.

Ruangan ini dikerjakan, untuk menunjang warga yang ingin beribadah di Masjid Agung Bogor pada 2019 mendatang.

"Barang-barang untuk tempat wudhu dan toilet ini sudah ada, yakni berupa closet, kran, lampu, dan lain-lain. Sekarang sedang dalam pemasangan keramik di lantai dan dinding tempat wudhu," jelasnya.

Bila keramik telah terpasang, barulah alat-alat penunjang untuk ditaruh di tempat wudhu dan kamar mandi ini dipasang.

Namun, Herman membantah bahwa sekarang ini, sebagian ruangan Masjid Agung Bogor sudah bisa digunakan warga untuk beribadah.

Dikatakan Herman yang juga merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Masjid Agung, Masjid Agung baru bisa digunakan pada 2019 mendatang.

"Sampai akhir 2018, Masjid Agung baru rampung sekira 34 persen. Pada 2019 mendatang, ruang basement ini lah yang bisa digunakan sementara untuk beribadah. Kalau sudah rampung seluruhnya, warga salat di atas dan ruang basement ini menjadi tempat parkir," tuturnya.

Untuk Masjid Agung Bogor saat selesai seluruhnya nanti, dikatakan Herman Rusli, paling bawah adalah basement, atau lokasi parkir pengunjung dan tempat wudhu jemaah.

Sementara untuk ruang ibadah, ada di lantai satu dan mezzanine.

"Tahun depan, dilakukan pengerjaan pemasangan rangka kubah, mezzanine, keramik dan lantai salat. Lalu pada 2020 mendatang, dilakukan pemagaran, landscape, pemasangan komponen tambahan, dan lain-lain," pungkas Herman.

Penulis: Sachril Agustin Berutu
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved