Info Kesehatan

Ini 9 Pemicu Keringat yang Jarang Diketahui, Termasuk Karena Minum Kopi

Setelah demam berhenti dan termostat Anda kembali normal, Anda akan merasa panas dan mulai keringat.

Kompas.com
Ilustrasi bau keringat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Gampang berkeringat banyak walau tak sedang olahraga, ternyata penyebabnya bukan karena jenis kelamin, terutama pria.

Gejala keringat berlebih umumnya ditandai dengan pakaian yang mudah basah walau baru berolahraga selama 5 menit, berjalan beberapa langkah pun keringat sudah keluar, atau keyboard komputer menjadi sedikit basah akibat telapak tangan yang mengeluarkan banyak keringat.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology banyak atau sedikitnya keringat yang keluar tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin.

Jadi, apa yang menyebabkan keringat sangat berlebih? Menurut ilmu pengetahuan umum, keringat keluar saat tubuh berusaha mendinginkan suhu.

Namun, para peneliti mencoba mencari tahu apa penyebab tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat.

Jadi, dalam penelitian ini peneliti melihat kebiasaan berkeringat pada 36 pria dan 24 wanita dalam dua uji coba tes yang berbeda.

Pada bagian pertama, peserta diminta menyelesaikan latihan sepeda ringan pada suhu 27 celcius dengan 36% kelembaban selama 45 menit.

Pada bagian kedua, mereka bersepeda dalam kondisi yang sama dalam intensitas moderat.

Yang cukup menarik, setelah melibatkan faktor suhu dan aktivitas, para peneliti menemukan bahwa jenis kelamin tidak menentukan berapa banyak Anda berkeringat, tapi bentuk dan ukuran tubuhlah yang memengaruhi.

Dengan kata lain, bukan berarti bahwa orang-orang yang berkeringat lebih banyak karena mereka adalah laki-laki, melainkan karena bentuk dan ukuran tubuh yang lebih besar.

Nge-Mal Bareng Selvi Ananda dan Jan Ethes, Penampilan Iriana Istri Jokowi Simpel Banget !

Halaman
1234
Editor: khairunnisa
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved