Breaking News:

IPB Galang Kerjasama Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara untuk Kelautan 4.0

Pengembangan teknologi baru seperti robotic, kecerdasan buatan, drone, satelit, big data, dan internet of things sudah menjadi keniscayaan

Editor: Soewidia Henaldi
Humas IPB
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria menyampaikan Laporan Kinerja Semester I Tahun 2018 dalam Sidang Paripurna Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA), Jumat (28/9), di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pengelolaan pesisir dan laut sudah saatnya memanfaatkan teknologi baru 4.0 untuk menjamin presisi dan efisiensi.

Pengembangan teknologi baru seperti robotic, kecerdasan buatan, drone, satelit, big data, dan internet of things sudah menjadi keniscayaan seiring dengan kecenderungan revolusi industri 4.0.

Karena itu kerjasama antar universitas di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara sangat perlu diperkuat.

Era saat ini adalah era kolaborasi dan bukan kompetisi.

Hal ini disampaikan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Arif Satria yang tampil sebagai pembicara utama pada East Asian Seas Congress (EAS Congress) 2018 Iloilo Filipina, 27-30 November 2018.

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan hasil riset karya dosen-dosen IPB tentang smart aquaculture, smart coastal management, dan prospek riset-riset smart fisheries lainnya.

Pada kesempatan tersebut Dr.Ario Damar, Kepala Pusat kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKSPL LPPM) IPB dan Dr. Luky Adrianto, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB juga diundang untuk menjadi moderator pada sesi-sesi di konferensi yang diselenggarakan oleh Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) tersebut.

Untuk tahun 2018 ini, EAS Congress dilakukan di Iloilo Filipina, dengan tema “25 Years of Partnerships for Healthy Oceans, People and Economies: Moving as One with the Global Ocean Agenda”.

Sejumlah kurang lebih 900 peserta menghadiri EAS Congress ini dari seluruh negara anggota PEMSEA dan Sahabat PEMSEA di Kawasan Asia Bagian Timur.

Ajang kolaborasi antar negara menjadi fokus utama dari acara tiga tahunan ini yang diharapkan mampu mengembangkan jaringan kerjasama dalam penerapan dan pencapaian Sustainable Development Goals khususnya SDG 14.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved