Breaking News:

Soal Temuan Ribuan KTP Elektronik di Duren Sawit, Polisi Lakukan Penyelidikan

Polda Metro Jaya ikut turun tangan terkait pengungkapan kasus ribuan keping e-KTP atau KTP elektronik yang tercecer di kawasan Pondok Kopi

Warta Kota/Rangga Baskoro
Sejumlah e-KTP yang ditemukan di Jalan Karya Bakti IV RT 03/11 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12) siang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Polda Metro Jaya ikut turun tangan terkait pengungkapan kasus ribuan keping e-KTP atau KTP elektronik yang tercecer di kawasan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/10/2018).

"Untuk kasus KTP elektronik tercecer, itu ditangani bersama antara Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Timur. Saat ini anggota semua masih terus menyelidiki," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (10/12/2018)

Argo mengatakan, penyidik Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Timur masih menyelidiki motif pembuangan ribuan keping e-KTP atau KTP elektronik tersebut.

Menurut Argo, penyidik memeriksa mereka yang terakhir bertanggung jawab atas ribuan keping e-KTP atau KTP elektronik itu.

"Kami masih memeriksa yang terakhir pegang siapa, di gudang siapa. Karena pada intinya setiap pergantian pejabat kelurahan hingga kecamatan sampai ke atasnya itu tidak menginformasikan kalau ada KTP elektronik yang sudah tidak berlaku," kata Argo.

Selain itu, Argo mengatakan, penyidik kepolisian juga akan memeriksa secara silang kesesuaian antara temuan barang bukti dan data dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

Berdasar bukti yang sementara ini didapatkan polisi, sebagian besar e-KTP atau KTP elektronik itu memiliki batas waktu kedaluwarsa pada 2013, 2014, dan 2017.

"Makanya kami cek dulu edaran Kementerian Dalam Negeri, itu kapan," kata Argo.

Jumlah e-KTP atau KTP elektronik yang ditemukan tercecer di kawasan Pondok Kopi dikabarkan sekitar 2.000-an keping.

Hanya 63 keping yang ditemukan dalam kondisi rusak atau sudah terpotong.

Ribuan e-KTP itu semula berada dalam karung ukuran 20 kg. Sejumlah anak-anak menemukan tumpukan ribuan e-KTP itu di sekitar kebun kosong.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Polisi Selidiki Temuan Ribuan KTP Elektronik di Duren Sawit

Editor: Damanhuri
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved