7 Ruas Tol Baru Trans-Jawa Gratis hingga Januari 2019

Tarif baru akan diberlakukan pada Januari 2019 jika pembahasan oleh perusahaan pengelola sudah selesai dilakukan.

7 Ruas Tol Baru Trans-Jawa Gratis hingga Januari 2019
Kompas.com
Foto udara simpang susun bandar di Tol Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemberlakuan tarif tujuh ruas baru Tol Trans-Jawa di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah yang dibuka pada Jumat (21/12/2018) ini masih dalam pembahasan badan usaha jalan tol (BUJT).

Ketujuh ruas tol itu dibangun dan dikelola oleh tiga BUJT yang berbeda, yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Marga Harjaya Infrastruktur (Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto).

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12/2018) dan dibuka untuk umum pada Jumat ini mulai pukul 06.00 WIB, ketujuh ruas tol tersebut masih gratis selama Desember 2018.

Tarif baru akan diberlakukan pada Januari 2019 jika pembahasan oleh perusahaan pengelola sudah selesai dilakukan.

 “Karena BUJT-nya banyak, maka harus diskusi dulu. Kalau APBN saya bisa tetapkan langsung, tapi karena ada investasi, ada perjanjian kontraknya, kita harus hormati itu. Diharapkan sebelum ditetapkan Januari mereka sudah selesai,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui pada peresmian ruas tol di Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).

Dia mengungkapkan, setelah Kementerian PUPR menetapkan tarif tol, dua minggu kemudian akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu agar semakin banyak yang mengetahui besaran tarif tersebut.

Dia menambahkan, penetapan tarif akan mempertimbangkan kemampuan rata-rata masyarakat dan pelaku usaha sebagai pengguna jalan.

Besarannya tidak terlalu murah, tetapi juga tidak terlalu mahal.

Termasuk untuk kendaraan logistik, diharapkan dengan kehadiran jalan tol baru ini bisa mempercepat waktu tempuh distribusi barang-barang kebutuhan untuk masyarakat dan ongkos perjalanannya pun lebih terjangkau.

“Prinsipnya ini untuk angkutan logistik supaya truk bisa masuk ke tol sehingga delivery time bisa ditetapkan, lebih pasti kan. Kalau di jalan nasional karena banyak modanya, jadi enggak bisa dihitung pasti,” pungkas Basuki.

Adapun ketujuh ruas tol yang diresmikan kemarin dan telah dibuka itu terdiri dari empat ruas tol di Jawa Timur, yaitu Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Sementara itu, tiga tol lainnya berada di Jawa Tengah, yakni Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Tol Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Tol Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Ruas Tol Baru Trans-Jawa Gratis hingga Januari 2019",

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved