Tingkatkan Kecerdasan Fisik, Pimpinan FMIPA IPB Ikuti Leadership Training and Outbound

Rektor mengatakan pemimpin yang ideal dalam menghadapi revolusi industri 4.0 harus mempunyai kecerdasan fisik atau physical intelligence.

Tingkatkan Kecerdasan Fisik, Pimpinan FMIPA IPB Ikuti Leadership Training and Outbound
Humas IPB
FMIPA IPB menggelar Leadership Training and Outbound untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan fisik dan intelegensi. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Selain harus dapat mengarahkan bawahan, juga harus melindungi serta menciptakan rasa nyaman dalam bekerja, sehingga dapat menghasilkan etos kerja yang tinggi.

Oleh karena itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan FMIPA Leadership Training and Outbound.

Kegiatan ini digelar di  the Highland Park Resort Bogor, Desa Sukajadi, Tamansari Kabupaten Bogor, (19/12/2018) lalu.

“Seorang pemimpin harus mampu bereaksi cepat, menginspirasi, jujur dan berorientasi pada hasil. Pemimpin  harus berpikiran terbuka, fleksibilitas dalam menghadapi sesuatu yang baru dan tidak pernah ada sebelumnya. Dibutuhkan pemimpin yang mampu berkolaborasi dengan seluruh elemen,” kata Rektor IPB, Dr. Arif Satria dalam sambutannya.

Rektor menambahkan, pemimpin yang ideal dalam menghadapi revolusi industri 4.0 harus mempunyai kecerdasan fisik atau physical intelligence.

Kecerdasan fisik berhubungan dengan kemampuan untuk mengontrol gerakan anggota tubuh. Gerakan tubuh yang gesit dan cekatan, membuat pekerjaan menjadi lebih optimal.

Selain itu, pemimpin juga harus memiliki kontekstual intelligence yakni kemampuan dalam mengembangkan kecerdasan dalam membangun hubangan baik dengan orang lain.

Diperlukan juga kecerdasan emosional yakni kemampuan untuk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya terhadap orang lain di sekitarnya dan memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain.

Rektor menegaskan, sebaik-baik pemimpin di era revolusi industri 4.0 adalah pemimpin yang mampu mengambil keputusan dan risiko dengan cepat dan tepat.

Selain itu  dapat mengayomi, mengarahkan kepada hal-hal yang lebih baik untuk kepentingan semuanya.

Sementara itu, Dekan FMIPA IPB, Dr. Sri Nurdiati menjelaskan bahwa kegiatan leadership training and outbound diperuntukkan bagi para dekan, wakil dekan,  asisten wakil dekan, ketua departemen, sekretaris departemen dan ketua program studi IPB.

Ada 50 pimpinan di lingkungan FPIMA IPB yang mengikuti acara ini.

“Kegiatan ini merupakan pembekalan leadership kepada pejabat-pejabat di lingkungan FMIPA IPB yang harus disamakan presepsinya. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan semangat untuk menjadi leader atau pemimpin yang baik, tidak hanya bertanggung jawab dan amanah tapi juga menginspirasi,” ujarnya.

Kegiatan outbound ini dirasa sangat bermanfaat bagi para pejabat khususnya dalam membangun teamwork, disiplin serta tanggung jawab. Ini menjadi kunci untuk menyelesaikan setiap permainan yang ada. Leadership training and outbound ini dapat memberikan motivasi dalam bekerja menjadi lebih baik. (*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved