Timses Sebut Jika Terpilih, Prabowo Akan Rencanakan Bentuk Kementerian Khusus Bencana

Dia juga menilai pemerintah saat ini kurang paham dalam hal penanganan Bencana alam.

Kompas.com
Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (16/10/2018).(Kompas.com/Sherly Puspita) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut tak menutup kemungkinan jika pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto -Sandiaga Uno akan membentuk kementerian terkait kebencanaan.

Hal itu dilakukan lantaran Prabowo Subianto -Sandiaga akan menaruh perhatian besar terhadap mitigasi Bencana dan penanganan pasca-Bencana jika terpilih memimpin Indonesia pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Lebih teknis, Pak Prabowo ingin mendorong kementerian khusus terkait kebencanaan. Ada contohnya beberapa negara yang terkait dengan ini, Rusia, beberapa negara lain itu terkait dengan kebencanaan. Itu diharapkan," kata Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/1/2018).

Indonesia, lanjut Dahnil, adalah salah satu negara yang menjadi kawasan lingkaran api.

Bukan Untuk Cari Uang, Rekan Bongkar Alasan Adik Olga Syahputra Jadi Tukang Parkir : Sudah 6 Bulan

Dia juga menilai pemerintah saat ini kurang paham dalam hal penanganan Bencana alam.

"Jadi pada prinsipnya memang kita daerah Bencana, daerah yang rapuh terhadap Bencana. Tapi dalam penanganan Bencana kita selalu menghadapi masalah yang terus berulang. Profesionalisme penanganan pasca Bencana itu jadi permasalahan," ungkapnya.

Untuk itu, seperti diungkapkan Dahnil, Prabowo-Sandiaga juga akan membuat kebijakan mengenai anggaran kebencanaan.

Selain itu, ada juga edukasi mengenai Bencana ke masyarakat, khususnya terhadap tindakan pertama yang dilakukan jika terjadi Bencana.

"Pertama dari sisi anggaran, kebijakan kita akan fokus pada maksimalisasi anggaran kebencanaan. Kedua dari sisi kesadaran kolektif masyarakat, kita akan dorong literasi kebencanaan, jadi ada literasi kebencanaan di tengah masyarakat apa yang harus dilakukan ketika terjadi Bencana," paparnya.

Sandiaga Uno: Santri Sebagai Lokomotif Pembangunan Kita ke Depan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika Terpilih, Prabowo Rencanakan Bentuk Kementerian Khusus Bencana",
Penulis : Christoforus Ristianto
Editor : Dian Maharani

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved