Tsunami di Banten dan Lampung

Pemerintah Janji Bangunkan Rumah Tipe 45 untuk Warga Terdampak Tsunami di Lampung Selatan

Pemerintah menjanjikan akan membangunkan 490 unit rumah tipe 45 untuk warga Lampung Selatan yang terdampak tsunami Selat Sunda

Pemerintah Janji Bangunkan Rumah Tipe 45 untuk Warga Terdampak Tsunami di Lampung Selatan
Tribunnews.com/Rina Ayu
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Pemerintah menjanjikan akan membangunkan 490 unit rumah tipe 45 untuk warga Lampung Selatan yang terdampak tsunami Selat Sunda, beberapa waktu lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pemerintah mendapatkan hibah berupa tanah seluas 2 hektare di Way Muli timur dari seseorang, dimana nantinya dibangun rumah dan fasilitas umum.

"60 persen dari 2 hektare dibangun rumah, saty orang diberi 100 meter dengan tipe 45, harganya kira-kira (satu rumah) Rp 50 jutaan," ujar Basuki saat menemani Presiden Joko Widodo ke Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Menurut Basuki Hadimuljono, bantuan rumah dan desainnya tersebut nantinya sama seperti korban gempa bumi di Lombok dan tsunami di Palu, tetapi untuk di Lampung Selatan akan dibangunkan rumah oleh pemerintah.

"Rumah seperti Palu dan Lombok dikasih uang, namun ini mereka minta dibikinkan, takut kalau dikasih malah enggak jadi," ucap Basuki Hadimuljono.

Basuki menjelaskan, untuk membangun rumah sebanyak 490 unit sesuai dengan rumah yang rusak berat di pesisir pantai Lampung Selatan, tidak cukup dengan tanah seluas 2 hekter. Sehingga nantinya akan dicarikan lokasi lainnya oleh pemerintah daerah.

"Nanti Pak Gubernur dan Pak Bupati tadi diminta Bapak Presiden carikan tanah, (anggarannya) dari daerah,. Kira-kira 6 hektare (kekurangan lahannya)," kata Basuki.

Sebut Tsunami Banten Terjadi Karena Seventeen, Ustaz Asal Malaysia, Ahmad Dusuki Abd Rani Dikecam

BMKG Keluarkan Peringatan Soal Kondisi Gunung Anak Krakatau, Warga Terdekat Dengar Suara Menggelegar

Basuki menjelaskan, proses pembangunan rumah nantinya hanya memakan waktu tiga bulan dan masyarakat sudah dapat menempati wilayah yang aman dari bencana tsunami.

"150 rumah di 2 hektare ini mungkin 3 bulanan, kalau udah dapat tanah lagi kita langsung land clearing juga. Banten juga harus dicarikan tanah," papar Basuki.

Diketahui, tsunami Selat Sunda mengakibatkan 437 orang meninggal dunia dan 7.202 luka-luka, dengan jumlah pengungsi mencapai 34.817 orang.

Untuk korban jiwa di Lampung Selatan mencapai 118 orang.

Wilayah yang terdampak meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tenggamus, dan Kabupaten Pesawaran

 (Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved