Gempa di Sukabumi Terasa di Lokasi Longsor Cisolok, Ini 12 Kabupaten/Kota yang Merasakan Gempa

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan, hasil laporan dari wilayah selatan Sukabumi terpantau aman.

Gempa di Sukabumi Terasa di Lokasi Longsor Cisolok, Ini 12 Kabupaten/Kota yang Merasakan Gempa
Twitter BMKG
Gempa berpusat di Sukabumi, Jawa Barat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Warga di Sukabumi kota, pesisir, sampai lokasi longsor Cisolok, merasakan gempa yang terjadi Selasa (8/1/2019) sekitar pukul 16.54. WIB.

Namun berdasarkan pantauan BPBD Sukabumi, hingga pukul 20.00 WIB belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan, hasil laporan dari wilayah selatan Sukabumi terpantau aman.

"Wilayah Palabuanratu, Tegal Buleud, Ciracap, Surade berdasarkan laporan relawan di lapangan dalam kondisi aman," ujar Eka melalui sambungan telepon.

Eka mengatakan pihaknya tetap siaga dan mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi.

"Kami tetap waspada dan memantau setiap perkembangan yang ada," katanya.

Ia menerima laporan gempa tektonik terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa gempa bumi ini berkekuatan 5,4 skala richter yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Gempa terjadi pada kedalaman 50 kilometer.

Kabupaten/kota merasakan adanya gempa Kabupatsn Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupatem Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupatsn Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Dari hasil pemantauan Pusdalops PB BPBD Prov. Jawa Barat sampai pukul 17.43 WIB, sementara tidak ada dampak baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda sehingga tidak mengganggu kehidupan dan penghidupan.

Tetapi pemantauan dan koordinasi dengan kabupaten terus dilakukan. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gemp abumi susulan.

"Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG," katanya.(fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin  

(Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Gempa Terasa Sampai Lokasi Longsor Cisolok, Ini 12 Kabupaten/Kota yang Merasakan Gempa)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved