Breaking News:

Memasuki Puncak Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Berhati-hati Saat Keluar Rumah

Terkait hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Sulut.

Editor: Vivi Febrianti
Kulkann
Ilustrasi Hujan 

TRIBUNNEWBOGOR.COM -- Hujan dengan intensitas ringan, sedang, dan lebat mengguyur wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dari pagi hingga siang ini, Kamis (10/01/2019).

Terkait hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Sulut.

Dalam peringatan itu, ada 5 daerah yang terdampak hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang pada pukul 08.30 WITA dan akan berlangsung hingga pukul 11.00 WITA.

Di antaranya, wilayah Manado, Minahasa Utara, Tomohon, Bitung, Minahasa.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama mengatakan, saat ini memang lagi musim hujan.

"Bulan Januari ini perkiraan BMKG memasuki puncak musim hujan di wilayah Sulawesi Utara," katanya saat dikonfirnasi Kompas.com, Kamis pagi.

"Kejadiannya, bisanya satu hari panas, seharian hujan, atau hujan sebentar. Sedangkan bulan Februari masih terjadi hujan, tapi intensitasnya mulai menurun," tambah Cariz.

Untuk hujan saat ini, menurut Cariz, karena terdapat kumpulan awan menengah (altosratus) di beberapa wilayah di Sulut.

"Itu berdasarkan pantauan citra satelit pulul 07.30 Wita, terdapat altosratus di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, dan Minahasa Utara, yang dapat menyebabkan hujan intensitas ringan hingga sedang durasi lama," jelasnya.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila akan melakukan aktivitas di luar rumah. Tetaplah waspada apabila bermukim di wilayah-wilayah rawan longsor dan banjir serta pohon tumbang," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG: Januari Puncak Musim Hujan di Sulawesi Utara" 
Penulis : Kontributor Manado, Skivo Marcelino Mandey
Editor : Khairina

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved