Menpan RB: ASN Punya Hak Pilih, Tapi Tidak Berpolitik

Menpan RB, Syafruddin memastikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas pada tahun politik ini.

Menpan RB: ASN Punya Hak Pilih, Tapi Tidak Berpolitik
Kompas.com
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin saat diwawancarai di Jakarta, Rabu (14/11/2018).(KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Menjelang Pileg dan Pilpres 2019, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin memastikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas pada tahun politik ini.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat ditanya terkait sikap ASN menghadapi Pileg dan Pilpres yang digelar serentak ini.

Ia menegaskan bahwa ASN memang memiliki hak politik, namun mereka tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

"Ya netralitas ASN, netral, tidak politik praktis, walaupun punya hak politik, ASN punya hak politik memilih tapi tidak berpolitik praktis," ujar Syafruddin, saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Begitu pula dengan TNI dan Polri, bahkan kedua institusi negara itu tidak memiliki hak apapun, karena harus menjaga netralitas.

"Kalau TNI dan Polri tidak sama sekali, (tidak) berpolitik praktis, tidak punya hak memilih, tidak punya hak dipilih," kata Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin kembali menekankan bahwa jika ASN terlibat dalam politik praktis, maka hal itu tentunya tidak akan memberikan pengaruh positif pada negara.

"Kalau ASN punya hak memilih, tapi tidak berpolitik, kenapa? kalau 4,3 juta (ASN) berpolitik praktis, lumpuh negara ini, berhenti, tidak jalan," tegas Syafruddin.

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved