Tarif LRT Jabodebek Rp 12.000 untuk Sekali Perjalanan

Pengambilan keputusan terkait tarif ini, sebut John, sudah dilakukan sejak lama.

Tarif LRT Jabodebek Rp 12.000 untuk Sekali Perjalanan
Warta Kota/Adhy Kelana
Satu mobil truk molen yang telah dimodifikasi melintas di atas rel LRT di kawasan Kampung Makasar, Jakarta Timur, Senin (12/11/2018). Terpantau rel LRT ini sudah dipasang sampai kawasan Halim. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk akan bertarif Rp 12.000 pada saat beroperasi mendatang.

Tarif tersebut berlaku untuk satu kali perjalanan.

Menurut Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI (Persero) John Roberto, tarif yang telah ditentukan tersebut berdasarkan kemampuan masyarakat untuk membayar.

"Jadi, kalau dari hitung-hitungan kami, tarif keekonomian itu kan Rp 30.000. Tapi, willingness to pay (kemampuan membayar) masyarakat itu Rp 12.000," kata John dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Pengambilan keputusan terkait tarif ini, sebut John, sudah dilakukan sejak lama.

Kendati demikian, bila memang dirasakan masih terlalu mahal dan berharap ada perubahan, keputusan itu sepenuhnya ada di tangan pemerintah.

"Perubahan tarif kami tunggu pemerintah. Subsidi Rp 18.000 dari pemerintah pusat seperti biasa KCI tuh, maka tadi disebutkan sama DKI juga, tapi sejauh ini belum," ungkap John.

Ia menambahkan, perserian masih menjajaki kerja sama dengan pengelola Commuter Line dan PT MRT Jakarta untuk mengintegrasikan tarif saat moda transportasi ini beroperasi.

"Integrasi tiketnya, KRL dengan LRT sangat bisa karena kita sudah bicarakan dengan KCI. Itu pasti harus kita lakukan. MRT bisa kita bicara dan memungkinkan," ucap John.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif LRT Jabodebek Rp 12.000 Sekali Perjalanan"
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Hilda B Alexander

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved