Breaking News:

Pilpres 2019

Sandiaga Uno Ditolak Kampanye, Timses Jokowi Beri Saran: Sebaiknya 'Kulonuwun' Dulu

Dia menyarankan kepada tim Sandiaga Uno untuk menginformasikan kepada masyarakat sekitar terlebih dahulu jika ingin kampanye.

Editor: Vivi Febrianti
Kompas.com
Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).(KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani berkomentar soal penolakan warga terhadap kegiatan kampanye calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di Tabanan, Bali.

Dia menyarankan kepada tim Sandiaga Uno untuk menginformasikan kepada masyarakat sekitar terlebih dahulu jika ingin kampanye.

"Ini juga selalu kami lakukan meskipun itu di daerah yang katakanlah 01 punya pendukung cukup banyak. Kami itu kalau datang ke sana, terbiasa melakukan kalau dalam bahasa Jawa namanya kulonuwun," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senin (25/2/2019).

Arsul mengatakan biasanya tim advance akan bertemu tokoh masyarakat setempat sebelum kandidat presiden berkampanye ke lokasi itu.

Hal ini agar tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan saat kandidat tiba di lingkungan masyarakat.

Menurut Arsul, kebiasaan ini juga dilakukan timses Jokowi-Ma'ruf. Hal ini sekaligus menghindari prasangka buruk terhadap timses lawan.

Sebab, TKN Jokowi-Ma'ruf tidak pernah menginstruksikan penolakan itu.

"Bicara dulu dengan tokoh masyarakat setempat bahwa kami berencana melakukan kegiatan seperti ini, apa masukannya, ya itu kami biasakan diri. Jadi tidak kemudian datang tanpa pemberitahuan, nah ini yang sering kemudian menimbulkan reaksi," kata dia.

Berdasarkan keterangan tertulis, Sandiaga Uno sebelumnya batal berkampanye di wilayah Kabupaten Tabanan, Bali, Minggu (24/2/2019).

Sebab, ada surat pernyataan beredar yang diterima timnya.

Surat tersebut menyebut warga menolak Sandiaga Uno karena telah mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Sandiaga Uno mengikuti isi surat tersebut karena ingin suasana berlangsung kondusif.

"Saya ingin pastikan kondisi Bali kondusif. karena pariwisata itu membutuhkan situasi politik dan keamanan yang stabil. Jadi, kehadiran saya ke sini (Bali) kan atas undangan masyarakat Tabanan Kalau masyarakat lain ada yang berkeberatan tentunya kita hormati," kata Sandiaga Uno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Ditolak Kampanye, Timses Jokowi Sarankan Sebaiknya "Kulonuwun" Dulu"
Penulis : Jessi Carina
Editor : Sabrina Asril

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved