Kasus Habib Bahar bin Smith

Jaksa Sebut Penganiayaan 2 Remaja Oleh Habib Bahar bin Smith dan Kawan-kawan Berlangsung 11 Jam

Kata jaksa, terdakwa dengan memegang tongkat Hitam menanyakan tentang siapa yang menyuruh Cahya mengaku sebagai Habib Bahar di Bali.

Jaksa Sebut Penganiayaan 2 Remaja Oleh Habib Bahar bin Smith dan Kawan-kawan Berlangsung 11 Jam
Tribunnews.com/Naufal Fauzy
Tersangka penganiayaan, Habib Bahar bin Smith angkat 2 jari usai keluar dari kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Cibinong 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Jaksa penuntut umum menjerat terdakwa Habib Bahar bin Smith dengan dakwaan primer ‎kedua yakni Pasal 170 ayat 2 ke-2 KUH Pidana, subsidair Pasal 170 ayat 2 ke-1 KUH Pidana. Lebih subsidair Pasal 351 ayat 2 KUH Pidana juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana.

Lebih subsidair lagi Pasal 351 ayat 1 KUH Pidana Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana dan dakwaan ketiga Pasal 80 ayat 2 juncto Pasal 76 C Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentan Perlindungan Anak.

Dalam dakwaan primer kedua dan ketiga itu, jaksa menjelaskan sebab awal penganiayaan Habib ‎Bahar. Bermula dari Cahya Abdul Jabar (18) dan Mhu (17) berada di Bali pada akhir November 2018 mengunjungi sebuah kegiatan di Bali namun panitia kegiatan tidak bisa dihubungi.

Kemudian, keduanya menginap di Bali selama tiga hari dan salah seorang warga menyebut Cahya sebagai Habib Bahar.

Mhu menyuruh Cahya untuk berbohong dengan cara mengaku sebagai Habib Bahar. Atas pengakuan bohongnya itu, keduanya mendapat fasilitas diantaranya tiket pulang ke Jakarta.

Cerita di Bali itu terdengar oleh Bahar. Bahar kemudian meminta saksi Hamdi untuk mencari rumah Bahar.

Lalu, 1 Desember 2018, Bahar meminta Aqil Yahya untuk menemui Basid dan mengajak Habib Husein, Wiro, Keling untuk membawa Cahya Abdul Jabar di rumahnya ke Pondok Pesantren Tajul Al Awiyin.

Imam Santoso, orang tua Cahya Abdul Jabar kata jaksa, sempat menolak anaknya dibawa namun kemudian dipersilahkan‎ namun membawa kendaraan sendiri.

"Di mobil, Aqil Yahya sempat merekam Cahya Abdul Jabar dan mengatakan, 'ini yang mengaku-ngaku Habib Bahar, sekarang au diinterogasi," ujar Jaksa ‎Bambang Hartoto dalam dakwaannya di persidangan.

Setibanya di Ponpes Tajul Alawiyyin di Kampung Kemang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, sekitar pukul 11.00 Wib, Cahya yang pertama diinterogasi oleh terdakwa, melimpahkan kesalahan kepada MHU.

Halaman
123
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved