Kemenhub Siapkan Kapal Roro untuk Mudik Lebaran Gratis, Begini Cara Pendaftarannya

Kapal tersebut, lanjut dia, memiliki kapasitas angkut sebanyak 2.000 penumpang dan 1.000 unit sepeda motor.

Kemenhub Siapkan Kapal Roro untuk Mudik Lebaran Gratis, Begini Cara Pendaftarannya
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kapal roro (roll on roll off) Portlink milik PT.Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (10/6/2013). Kapal baru ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup mewah memiliki kapasitas 1.000 orang dan mobil 300-an. Keberadaan kapal ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus penyeberangan pada mudik lebaran nanti. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan angkutan mudik gratis Lebaran 2019 menggunakan Kapal Roro. Trayek yang dilayani, yaitu Jakarta-Lampung, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Semarang.

"Kami siapkan kapal Roro di atas 5.000 GT lintasan tanjung priok, Jakarta ke Lampung, Semarang dan Surabaya. Ini diminati pemudik pakai kapal gimana sensasinya," ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat jumpa pers di kantornya, Selasa (19/3/2019).

Dia menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk kapal Roro tersebut mencapai Rp 6,1 miliar.

Kapal tersebut, lanjut dia, memiliki kapasitas angkut sebanyak 2.000 penumpang dan 1.000 unit sepeda motor.

"Diharapkan ini bisa tekan jumlah pemudik menggunakan kendaraan pribadi terutama motor yang rawan kecelakaan," jelasnya.

Selain kapal Roro, Kemenhub juga menggelar mudik gratis menggunakan bus. Budi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 1.200 bus yang berangkat dari Jabodetabek menuju 40 kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

"Pendaftaran (mudik gratis) secara online bisa besok 20 Maret, manual akhir maret atau awal april. Daftarkan lewat mudikgratis.dephub.go.id," kata Dirjen Budi.

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved