Breaking News:

KNKT Benarkan Ada Pilot Ketiga di Penerbangan Lion Air JT043 Denpasar - Jakarta

KNKT menyampaikan keterangan perihal adanya pilot lain di cockpit pada penerbangan Lion JT043 Denpasar ke Jakarta.

Kompas.com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat memberikan keterangan pers penemuan Black box Lion Air JT 610 di Tanjung priuk JICT 2, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018). Black box ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya Lion Air JT 610 dengan kedalaman 30 meter.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (  KNKT ) menyampaikan keterangan perihal adanya pilot lain di cockpit pada penerbangan Lion JT043 Denpasar ke Jakarta.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Soerjanto Tjahjono membenarkan tentang adanya pilot ketiga pada maskapai Lion Air JT043 rute Denpasar-Jakarta sebelum terjadi insiden kecelakaan di Karawang keesokan harinya.

"Pada penerbangan JT043 dari Denpasar ke Jakarta yang mengalami gangguan setelah digantinya Angle of Attack sensor, KNKT menyampaikan bahwa benar ada pilot lain yang berada di cockpit pada penerbangan itu," kata Soerjanto di kantor KNKT, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, pilot ini adalah pilot yang telah selesai menjalankan tugas terbang dan akan kembali ke Jakarta.

Pilot ini memiliki kualifikasi sebagai pilot B737-8 (MAX), dan pilot yang bersangkutan sudah diinterview oleh KNKT.

"Sesuai UU no 1 tahun 2009 pasal 359, pernyataan dari seseorang yang diperoleh selama proses investigasi tidak boleh dipblikasikan. Untuk itu KNKT tidak akan menyampaikan hasil wawancaranya," tambahnya.

Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo mengaku menginterview pilot yang dirahasiakan tersebut. Nurcahyo mengatakan tidak tahu persis di maskapai pilot ketiga itu bekerja.

"Pilot ketiga itu kita panggil untuk tahu apa yang dia lihat dan apa yang dia dengar. Kemudian dia menggambarkan suasana seperti apa saat pesawat JT043 rute Denpasar-Jakarta mengalami malfungsi," papar Nurcahyo.

 (Tribunnews.com, Reynas Abdila)

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved