Pilpres 2019

Polri Pakai Teknologi Kamera Pengintai untuk Pengamanan Debat Keempat Pilpres 2019

Ia mengatakan, teknologi lain bernama face recognition yang digunakan Polri akan merekam siapa saja yang hadir di lokasi debat serta melihat data oran

Polri Pakai Teknologi Kamera Pengintai untuk Pengamanan Debat Keempat Pilpres 2019
KOMPAS.COM/KRISIANTO PURNOMO)
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo dan no urut 2, Prabowo Subianto bersalaman usai Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM —  Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan sistem  pengamanan ketat pada  debat keempat Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019) nanti.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, teknologi kamera pengintai dan face recognition akan digunakan untuk menjaga keamanan selama debat.

"Kami juga memasang CCTV mobile. Ada beberapa mobil khusus untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar atau sekitar debat," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019).

Ia mengatakan, teknologi lain bernama face recognition yang digunakan Polri akan merekam siapa saja yang hadir di lokasi debat serta melihat data orang tersebut.

Dedi melanjutkan, teknologi kamera pengintai dan face recognition juga disiapkan di mobil-mobil patroli yang nantinya akan berada di sejumlah lokasi nonton bareng debat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada 5.000 personel gabungan yang akan mengamankan penyelenggaraan debat malam nanti.

Argo menjelaskan, personel gabungan akan dibagi dalam empat lapis pengamanan.

Pengamanan lapis pertama berada di ruang debat dengan penjagaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Karena yang datang adalah Bapak Jokowi sebagai capres, maka pengamanan lapis pertama adalah Paspampres, ada pintu yang akan disterilisasi. Semua orang yang akan masuk harus dicek, ada ID cardkhusus yang dikeluarkan KPU," ujarnya. 

Pengamanan lapis kedua di luar ruangan debat, yakni lantai satu dan basement Hotel Shangri-La.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved