Polemik Ratna Sarumpaet

Amien Rais Tiba di PN Jaksel Jadi Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet

Amien Rais hadir sebagai saksi dalam persidangan kasus berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet.

Amien Rais Tiba di PN Jaksel Jadi Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet
Kompas.com
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tiba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada pukul 08.33 WIB, Kamis (4/4/2019).

Amien Rais hadir sebagai saksi dalam persidangan kasus berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet.

"Ya saya datang sebagai saksi dalam kasus Ratna Sarumpaet," ujar Amien Rais.

Amien Rais datang mengenakan kemeja batik berwarna biru dan kopiah hitam.

Adapun hari ini Ratna Sarumpaet menjalani sidang ketujuh dengan agenda pemanggilan 4 saksi termasuk Amien Rais.

Koordinator Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus Ratna Sarumpaet, Daru Trisadono menyebutkan tiga saksi selain Amien Rais diperiksa atas keterlibatannya dalam peristiwa unjuk rasa 3 Oktober 2018 di Polda Metro Jaya.

"Saksi yang kita periksa hari ini sesuai jadwal adalah Andika, Yudi Andrian, Eman Suherman, dan yang terakhir adalah Amien Rais," sebut Daru.

Adapun dalam sidang Selasa (2/4/2019) kemarin JPU sudah menghadirkan empat orang saksi yakni para staf Ratna dan juga Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Nanik S Deyang.

Sebagai informasi Ratna didakwa dengan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

Jaksa juga mendakwa Ratna dengan Pasal 28 Ayat (2) jo Pasal 45 A Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet, Amien Rais Tiba di PN Jaksel"
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Dian Maharani

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved