Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 di Jawa Tengah, Panglima TNI: Junjung Tinggi Netralitas TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri Apel Gabungan terkait pengamanan Pemilu 2019 wilayah Jateng

Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 di Jawa Tengah, Panglima TNI: Junjung Tinggi Netralitas TNI
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menghadiri Apel Gabungan TNI-Polri dan memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun Alutsista dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu Pilpres dan Pilleg tahun 2019 wilayah Jawa Tengah di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2019) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri Apel Gabungan terkait pengamanan Pemilu 2019 wilayah Jawa Tengah di Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2019).

Setelah pelaksanaan apel, Hadi menyempatkan diri berdialog langsung dengan para personel TNI-Polri.  

Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Pusat Penerangan TNI yang diterima Tribunnews.com dari PLH Kabidpenum Puspen TNI Letkol Inf Abidin Tobba pada Jumat (5/4/2019).

“Pahami dan pedomani serta junjung tinggi Netralitas TNI. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan mensukseskan Pesta Demokrasi 2019,” kata Hadi.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam melaksanakan tugas serta menyukseskan Pesta Demokrasi.

Selain mengecek kesiapan pasukan, Hadi juga ingin memastikan bahwa para prajuritnya benar-benar memahami aturan pelibatan pasukan TNI dalam pengamanan Pemilu, termasuk pemahaman Netralitas TNI. 

“Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur dan di lapangan tidak terjadi kesalahpahaman,” kata Hadi.  

Apel Gabungan TNI-Polri dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pilpres, Pilleg tahun 2019 dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono diikuti oleh 3.300 personel TNI-Polri dari berbagai satuan di wilayah Jateng dan DIY.

Kodam IV/Diponegoro menyiapkan ribuan personel TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019.   

Seluruh pasukan yang diperbantukan ke Polda berada di bawah kendali dari Polda, sedangkan pasukan yang tidak di BKO kan standby on call di satuan yang ada di bawah kendali Pangdam IV/Diponegoro.

Sebelum digelar Apel Gabungan TNI-Polri, telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan kepada pasukan yang dilibatkan langsung dalam pengaman Pilpres dan Pileg diantaranya Latihan Parsial di tiap-tiap satuan, Latihan Simulasi Pam Pemilu Gabungan TNI-Polri, Latihan Tri Patra, dan Latihan TFG Pam Pemilu 2019.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo, segenap pejabat jajaran TNI-Polri wilayah Jateng dan DIY.

(Tribunnews.com, Gita Irawan) 

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved