Hadiri Festival Ragam Kuliner Nusantara di Depok, Ini Pesan Iriana Jokowi untuk Ibu-ibu

Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat memberikan pesan khusus kepada seribuan pengunjung yang mayoritas perempuan.

Hadiri Festival Ragam Kuliner Nusantara di Depok, Ini Pesan Iriana Jokowi untuk Ibu-ibu
Warta Kota
Iriana Jokowi saat menghadiri lomba kuliner bertajuk Ragam Kuliner Nusantara Perempuan Jenggala di mal Pesona Square, Jalan Insinyur Haji Juanda, Kota Depok, Minggu (7/4/2019). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Saat menjadi tamu istimewa dalam festival Ragam Kuliner Nusantara Perempuan Jenggala di mal Pesona Square, Kota Depok, Minggu (7/4/2019), Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat memberikan pesan khusus kepada seribuan pengunjung yang mayoritas perempuan.

Pesan itu disampaikan Iriana saat dia dan Mufidah Kalla berkeliling stan menyaksikan beragam kreasi kue tradisional hasil karya perempuan warga Kota Depok.

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa, menyampaikan, Ibu Negara berpesan agar perempuan menjadi ujung tombak dalam pelestarian kuliner tradisional di tengah gempuran ragam kuliner mancanegara yang masuk ke Indonesia.

"Ya, tentu Ibu Iriana mengapresiasi yang telah dilakukan oleh Perempuan Jenggala dalam memajukan dan memperhatikan pemberdayaan perempuan di Indonesia dalam melestarikan kuliner nusantara," ujar Vicky di mal Pesona Square, Jalan Insinyur Haji Juanda, Depok.

"Terus kemudian (Iriana Jokowi) mendorong juga untuk ibu-ibu menengah ke bawah, ibu-ibu UKM untuk terus bergiat mengembangkan kreativitas mereka untuk memajukan ekonomi keluarga, khususnya melalui usaha kuliner nusantara," jelas Vicky.

Vicky menuturkan, Perempuan Jenggala menaruh perhatian besar terhadap kuliner Indonesia, karena menurutnya perempuan Indonesia-lah yang dapat mendorong industri kuliner tradisional Indonesia sehingga mampu melawan arus kuliner dari luar negeri.

Festival lomba kuliner ini, terang Vicky, tahun ini berpusat di Kota Depok dan pesertanya adalah warga Depok. Namun, makanan yang disajikan berasal dari beragam daerah di nusantara. "Yang dinilai dalam lomba ini adalah rasa, kreativitas, serta bahan yang dipakai harus aman dikonsumsi," terangnya.

Dia mengatakan, festival kuliner ini diadakan berbarengan dengan pagelaran sembako murah yang diadakan ke-23 kalinya di Indonesia untuk menyambut peringatan Hari Kartini.

Melalui kegiatan-kegiatan semacam ini, ujar Vicky, Perempuan Jenggala hendak memperjuangkan kesetaraan dan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan, sehingga tercipta perempuan Indonesia yang tangguh, profesional, kapabel, dan dapat melahirkan generasi penerus bangsa terdidik di masa-masa yang akan datang. (gps)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Begini Pesan Iriana Jokowi untuk Ibu-ibu Warga Depok

Editor: Damanhuri
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved