Pilpres 2019

Air dan Lumpur yang Rusak Kotak Suara di Ciseeng Bogor Berasal Dari Drainase yang Jebol

682 kotak suara yang akan digunakan pada 17 April 2019 mendatang ini rusak karena terendam air disertai lumpur.

Air dan Lumpur yang Rusak Kotak Suara di Ciseeng Bogor Berasal Dari Drainase yang Jebol
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kotak suara rusak di Ciseeng, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewaBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISEENG - Saluran air atau drainase yang ambrol menjadi penyebab rusaknya ratusan kotak suara di sebuah gudang logistik dekat Kantor Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Pantauan TribunnewsBogor.com, Senin (15/4/2019), air disertai lumpur masuk ke ruangan gudang penyimpanan kotak suara yang merupakan Gor melalui dinding yang jebol disebabkan ambrolnya saluran air.

Sehingga, terdata sebanyak 682 kotak suara yang akan digunakan pada 17 April 2019 mendatang ini rusak karena terendam air disertai lumpur.

Ketua Divisi Logistik PPK, Kecamatan Ciseeng, Deden Rukmana mengatakan bahwa kerusakan ini terjadi hampir dari total kotak suara untuk wilayah Kecamatan Ciseeng.

"Kotak suara di Ciseeng itu seluruhnya 1.450, kemudian yang rusak itu 682," kata Deden, Senin (14/4/2019).

Ia mengatakan bahwa untuk surat suara belum terindikasi adanya kerusakan sebab, ketika disimpan dalam gudang, surat suara terbungkus rapi oleh plastik.

682 Kotak Suara di Ciseeng Bogor Terendam Banjir, KPUD Akan Ganti Pakai Bekas Pilkada 2018

Selain itu, karen ambrolnya saluran air ini, sementara kotak suara yang tersisa dipindahkan ke Aula Kantor Kecamatan Ciseeng.

"(Kerusakan) Surat suara belum terindikasi. Logistik yang lain mungkin sampul-sampul ada yang rusak ya tapi nanti diinventarisir dan dilaporkan ke KPU," ujarnya.

Kota ssuara di Ciseeng, Kabupaten Bogor rusak terendam banjir
Kota ssuara di Ciseeng, Kabupaten Bogor rusak terendam banjir (Ist)

Diberitakan sebelumnya, 682 kotak suara di gudang penyimpanan logistik KPU PPK Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor rusak pasca diterjang banjir disertai lumpur, Minggu (15/4/2019) malam.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan mengatakan bahwa Senin (15/4/2019) ini juga akan diganti terlebih tanggal Pemilu 2019 sudah cukup dekat.

"Karena kerusakan hampir 80 persen, ini harus diganti. Kami masih punya kotak suara cadangan dan bekas Pilkada 2018 kemarin. Hari ini kita distribusikan," kata Herry.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved