Pilpres 2019

Kata Mahfud MD Soal Klaim Kemenangan Prabowo : Harus Kita Hormati, Tapi Belum Ada yang Sah Menang

Mahfud MD juga mengomentari soal sikap Jokowi dan Prabowo yang mengeluarkan pernyataan terkait hasil Quick Count maupun penghitungan internal.

Kata Mahfud MD Soal Klaim Kemenangan Prabowo : Harus Kita Hormati, Tapi Belum Ada yang Sah Menang
Kolase Tribunnews.com/Kompas.com
Mahfud MD apresiasi rencana pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto 

Kata Mahfud MD Soal Klaim Kemenangan Prabowo : Harus Kita Hormati, Tapi Belum Ada yang Sah Menang

 TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD mengomentari soal sikap yang dilakukan para Capres Cawapres terhadap hasil penghitungan sementara Pilpres 2019.

Terutama soal Quick Count, Mahfud MD menekankan meskipun hasil Quick Count beberapa lembaga survei menunjukkan kalau Jokowi unggul, namun belum ada satu pun Capres Cawapres yang sah meraih kemenangan.

Dalam wawancara di sebuah talkshow di TVOne, Kamis (18/4/2019), Mahfud MD mengatakan angka yang muncul dari Quick Count hanya sebagai referensi.

"Mungkin ada yang meyakini karena pendalaman metodologi oke, tapi keyakinan saya dan sapapun tidak mengikat. Karena semua itu harus dibuktikan dengan penghitungan yang bertingkat," katanya.

Mahfud MD melanjutkan, dari hasil penghitungan internal kedua kubu, paling banyak penghitungan tersebut hanya melingkupi sekitar 350 ribu TPS, dari total sekitar 811 ribu TPS.

Ia juga mengomentari soal sikap Jokowi dan Prabowo yang mengeluarkan pernyataan terkait hasil Quick Count maupun penghitungan internal.

Soal pernyataan Jokowi yang meyakini hasil Quick Count kalau dirinya unggul, Mahfud MD mengapresiasi karena Jokowi belum menyatakan diri sebagai pemenang.

"Saya kira sejauh menyangkut pernyataan Pak Jokowi, saya kira bagus. Karena beliau belum menyatakan sebagai pemenang, masih menyatakan nunggu hasil penghitungan ( KPU). Meski mungkin secara real dia menang dan tentu berhak merasa menang, tetapi beliau tidak menyatakan sebagai pememang," ucapnya.

Kata Mahfud MD soal deklarasi kemenangan Prabowo Subianto
Kata Mahfud MD soal deklarasi kemenangan Prabowo Subianto (repro TV One)

Beda halnya dengan Prabowo, Capres 02 ini langsung mendeklarasikan diri sebagai pemenang Pilpres 2019.

Halaman
1234
Penulis: yudhi Maulana
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved