Roy Suryo Beri Tanggapan Soal Kasus Peretasan Instagram Erin Taulany

Roy Suryo memberikan pandangannya tentang apa yang bisa dilakukan untuk membuktikan kebenaran pernyataan istri dari komedian Andre Taulany itu.

Roy Suryo Beri Tanggapan Soal Kasus Peretasan Instagram Erin Taulany
Kolase Tribunnews dan Instagram Erin Taulany
Roy Suryo kasus Erin Taulany 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Demokrat Roy Suryo menanggapi pengakuan Erin Taulany, yang menyebut akun Instagram miliknya diretas saat mengunggah Instagram Story tentang calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Melalui keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Roy Suryo memberikan pandangannya tentang apa yang bisa dilakukan untuk membuktikan kebenaran pernyataan istri dari komedian Andre Taulany itu.

Menurut dia, pihak kepolisian dalam hal ini unit cyber crime dapat mengecek bukti digital dari akun Instagram Erin Taulany, dan dibandingkan dengan unggahan yang saat ini diperkarakan.

Dari sana, nantinya akan diketahui apakah akun tersebut diretas atau tidak.

"Secara waktu, tanggal-tanggal krusial yang penting diperhatikan adalah akses sebelum tanggal 19-20 April 2019 kemarin, karena di saat-saat itulah D-day–nya," kata Roy Suryo.

Sebelumnya, Erin Taulany mengaku tidak bisa mengakses akun Instagram-nya sejak Sabtu (20/4/2019) pukul 13.30 WIB.

Roy Suryo yang selama ini dikenal sebagai pengamat informatika, multimedia, dan telematika, menyebut cara itu sebagai cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuktikan kebenaran pernyataan Erin Taulany.

"Nanti akan tampak bahwa akun tersebut terlihat ada akses selain dari si pemilik akunnya, atau tidak," ucap Roy Suryo.

Kalau benar ada bukti digital berupa akses pada waktu yang Erin Taulany sebut dirinya tidak bisa membuka akunnya, berarti pembelaan yang bersangkutan bisa ditindaklanjuti untuk mencari tahu siapa pelaku peretasan.

Namun, jika tidak ada bukti digital yang ditemukan, berarti akun tersebut tidak dalam genggaman pihak lain, atau tidak sedang diretas.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved