Pilpres 2019

Hasil Pemungutan Suara Ulang di TP 07 Pontianak : Jokowi-Maruf 152 Suara, Prabowo-Sandi 5 Suara

Dari 157 pemilih, Joko Widodo-Maruf Amin mendapat 152 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi 5 suara.

Hasil Pemungutan Suara Ulang di TP 07 Pontianak : Jokowi-Maruf 152 Suara, Prabowo-Sandi 5 Suara
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin unggul mutlak di pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar di TPS 07, Komplek Pondok Pelangi, Jalan Karya Baru, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (25/4/2019).

Dari 157 pemilih, Joko Widodo-Maruf Amin mendapat 152 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi 5 suara.

"Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ada 252 orang. Tapi, (yang) menggunakan hak pilihnya 157 orang," kata Deni Nuliadi, Ketua KPU Kota Pontianak, Kamis.

Deni melanjutkan, formulir C6 sudah dibagikan KPPS kepada para pemilih yang terdiri dari 120 laki-laki dan 132 perempuan.

Untuk petugas KPPS dalam PSU ini diambil alih langsung oleh PPS, beserta jajaran sekretariat.

Deni menambahkan, pemilih menyoblos ulang seluruh jenis surat suara, dan untuk surat suara hingga form-formnya seperti C1 dan C1 Plano ada stempel PSU guna menghindari tertukar dengan surat suara yang lama dan hal lain yang tidak diinginkan.

Sementara itu, kepolisian memastikan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, pemungutan suara ulang dan lanjutan tersebut berlangsung aman dan kondusif.

"Sejauh ini untuk rangkaian pemungutan suara ulang dan lanjutan di 18 TPS di Kalbar berjalan aman dan kondusif," kata Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Donny Charles Go, Kamis.

Dia menyebut, dari sebanyak 16.499 TPS yang ada di Kalbar, hanya 18 TPS yang menggelar pemungutan suara ulang dan lanjutan.

Itu artinya, secara umum, proses pemilu di Bumi Khatulistiwa juga berlangsung lancar.

"Dari TPS sebanyak itu, 18 TPS yang bermasalah, artinya hanya 0,11 persen. Sejauh ini situasi kondusif," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, pemungutan suara ulang dan lanjutan di Kalbar digelar di 18 TPS, yang meliputi 4 TPS di Kabupaten Bengkayang, 3 TPS di Kabupaten Sanggau, 4 TPS di Kabupaten Sintang, 2 TPS di Kabupaten Kapuas Hulu, 2 TPS di Kabupaten Landak, 1 TPS di Kabupaten Ketapang, 1 TPS di Kabupaten Melawi dan 1 TPS di Kota Pontianak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi-Maruf Unggul Telak di dalam Pemungutan Suara Ulang di TP 07 Pontianak"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved