ACT Berangkatkan 10 Truk Bantuan Untuk Para Korban Banjir Di Bengkulu

Masing-masing truk tersebut berisi berbagai macam bantuan dengan berat sekitar 6 ton.

ACT Berangkatkan 10 Truk Bantuan Untuk Para Korban Banjir Di Bengkulu
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
10 truk bantuan kemanusian ACT (Aksi Cepat Tanggap) diberangkatkan untuk para korban banjir di Bengkulu yang dikirim dari Indonesian Humanitarian Center (IHC), Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin (29/4/2019) sore. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, GUNUNG SINDUR - Sebanyak 10 truk bantuan kemanusian ACT (Aksi Cepat Tanggap) diberangkatkan untuk para korban banjir di Bengkulu yang dikirim dari Indonesian Humanitarian Center (IHC), Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin (29/4/2019) sore.

Masing-masing truk tersebut berisi berbagai macam bantuan dengan berat sekitar 6 ton.

"Kunci dalam sebuah bencana adalah kecepatan ya, makin cepat kita turun di emergency, insya Allah makin cepat yang tertolong," kata Senior Vice President Global Philanthropy & Communication ACT, Imam Akbari saar ditemui TribunnewsBogor.com, Senin (29/4/2019).

Imam menjelaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari berbagai jenis bantuan.

Mulai dari sembako yang akan didistribusikan ke titik-titik dapur umum yang sudah dibangun sekitar 7 posko yang kemungkinan akan bertambah.

Selain itu, ada juga bantuan pakaian yang rata-rata pakaian baru, kebutuhan balita dan bayi seperti nutrisi serta popok dan pakaian.

"Ada 3 mobil ranger rescue yang kita berangkatkan dan 1 ambulans free hospital yang memiliki kelengkapan yang bisa melakukan hal-hal yang menyelamatkan, bisa jadi pertolongan pertama dengan fasilitas yang sangat lengkap sekali atau disebut mobile klinik lah," kata Imam.

Ia juga menuturkan bahwa beberapa perusahan sempat datang langsung ke IHC untuk memberikan bantuan seperti salah satunya supply genset berkapasitas 80 ribu watt.

Sebab, energi kata dia juga merupakan bantuan penting di lokasi bencana.

Ia menjelaskan pengiriman bantuan ini merupakan pengiriman gelombang pertama yang nantinya akan dilanjut pengiriman gelombang kedua sesuai kebutuhan.

Selain itu, kata dia, tim rescue ACT sejak hari pertama bencana juga sudah berada di lokasi karena ACT memiliki cabang-cabang di berbagai daerah.

"Ini tanggung jawab bersama kepada bangsa. Kita ajak semua elemen anak bangsa dalam kondisi seperti ini mudah-mudahan apa yang terjadi ini bisa menyatukan hati kita, tetep bisa menjaga persatuan kita dan jangan lupakan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah baik di Jakarta di Bengkulu atau di wilayah lain harus tetep kita support," pungkas Imam.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved