Trakindo Dukung Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Dunia Kerja

Trakindo juga mendukung dan percaya bahwa partisipasi perempuan dalam perusahaan dapat memberikan pengaruh besar bagi peningkatan nilai tambah

Trakindo Dukung Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Dunia Kerja
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Pekerja perempuan di PT Trakindo Utama (Trakindo) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CILEUNGSI - PT Trakindo Utama ( Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar (Cat) menggelar Bincang PERSpektif Trakindo dengan tajuk 'Kartini di Industri Alat Berat' di Gedung Tiara Marga Trakindo (TMT), Training Center Trakindo, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (30/4/2019).

Sosok Kartini menjadi penyemangat bagi para pekerja perempuan di Trakindo.

Trakindo juga mendukung dan percaya bahwa partisipasi perempuan dalam perusahaan dapat memberikan pengaruh besar bagi peningkatan nilai tambah, daya saing, serta kemajuan bersama.

Terlebih, menurut laporan dari McKinsey Global Institute (MGI) tahun 2018, mengidentifikasi bahwa perusahaan yang memiliki tingkat keragaman gender lebih tinggi memiliki peluang sebesar 21% unggul dalam profitabilitas.

"Trakindo percaya bahwa gender tidak membatasi karir seseorang dalam dunia kerja, termasuk di industri alat berat yang identik dengan pekerja laki-laki. Bahkan, terbukti pekerja perempuan mampu menempati berbagai posisi strategis di Trakindo," kata Human Capital Division Head Trakindo, Ferry Butarbutar.

Ia mengungkapkan bahwa dalam momentum peringatan Hari Kartini ini pihaknya ngin mengajak perempuan Indonesia saling menginspirasi dan memberi semangat untuk terus berkarya, bagi diri, keluarga dan negeri.

BRAVE Team Leader Trakindo, Fama Flora menambahkan bahwa pemikiran perempuan di dunia kerja memberikan perspektif berbeda yang membuatnya memiliki nilai lebih dalam bekerja.

"Selain bekerja, saya juga adalah seorang ibu. Terkadang naluri saya sebagai seorang ibu terbawa ke kantor, seperti ingin selalu menjaga kerukunan dan kekompakan tim, memberi perhatian lebih terhadap hal-hal secara detil, serta mengajak tim untuk selalu mengembangkan diri," kata Fama.

Dalam diskusi yang didominasi kaum perempuan ini, sejumlah karyawan perempuan lainnya juga mengutarakan pemikirannya terkait bekerja di perusahaan alat berat yang didominasi kaum laki-laki ini.

Termasuk salah satunya adalah operator trainer dari Trakindo cabang Palembang, Ade Ayu.

Ia mengatakan bahwa sebagai perempuan yang bekerja di industri yang didominasi pekerja laki-laki memiliki tantangan tersendiri namun tetap memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri.

"Penting untuk memiliki semangat belajar yang kuat dan pantang menyerah dalam memajukan diri, sembari tetap menjaga jati diri sebagai perempuan,” kata Ade.

Dalam acara ini, para perempuan yang hadir juga berkesempatan untuk melihat dunia alat berat lebih dekat dengan merasakan langsung pengalaman mengoperasikan alat berat hydraulic excavator kelas 20 ton jenis terbaru yaitu Cat 320 Next Generation.

Diketahui, excavator ini telah dilengkapi dengan beragam teknologi canggih dengan performa terbaik di kelasnya yang mampu memberikan kemudahan pengoperasian bagi penggunanya dengan hasil yang lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved