Instruksi Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas Persiapan Ramadhan 1440 / 2019

Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri bersinergi dalam mencegah tindakan yang berpotensi menyebabkan gangguan keamanan

Instruksi Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas Persiapan Ramadhan 1440 / 2019
Instagram sekretariat.kabinet
Rapat terbatas 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan beberapa hal terkait persiapan menghadapi bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

Pertama, yang berkaitan dengan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok jelang dan selama bulan puasa.

"Ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan rakyat, itu betul -betul harus terus kita jaga," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas membahas persiapan Lebaran di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Kedua, Jokowi menginstruksikan menteri terkait betul-betul mempersiapkan infrastruktur dan moda transportasi, terutama yang berada di jalur mudik.

Ini termasuk kecukupan stok BBM di sepanjang jalur itu.

Khusus mengenai kesiapan infrastruktur, Presiden bersyukur proyek tol Trans Jawa (dari Merak sampai Probolinggo) saat ini telah tersambung.

"Ini akan sangat membantu. Juga di Sumatera atau Trans Sumatera, beberapa ruas, dari Bakauheuni mungkin sampai Palembang juga sudah tersambung sehingga ini tentunya akan memperlancar arus mudik," ujar Jokowi.

Terakhir, Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri bersinergi dalam mencegah tindakan yang berpotensi menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.

 Jokowi mengingatkan, menyiapkan kelancaran arus mudik hingga stabilitas sekaligus ketersediaan bahan pangan pada bulan Ramadhan bukan kali ini saja dilakukan. Ini adalah agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan.

Oleh sebab itu, ia ingin persiapan yang dilakukan tahun ini lebih detail dibanding tahun-tahun sebelumya.

"Saya ingin tahun ini persiapannya lebih detail dan semakin baik, terutama yang berkait dengan manajemen lapangan. Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun daerah," ujar Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Instruksi Presiden pada Ratas Persiapan Ramadhan"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved