Maha Vajiralongkorn Resmi Jadi Raja Thailand

Duduknya Maha Vajiralongkorn di atas takhta pada Sabtu (4/5/2019) seperti diberitakan kantor berita AFP meresmikan dirinya sebagai Raja Thailand.

Maha Vajiralongkorn Resmi Jadi Raja Thailand
AFP/THAI TV POOL
Potongan tayangan televisi dari Thai TV Pool pada 4 Mei 2019 memperlihatkan Maha Vajiralongkorn ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dengan mengenakan mahkota dari emas yang berjenjang serta pakaian berwarna emas dan hitam, Maha Vajiralongkorn duduk di atas singgasananya.

Duduknya Maha Vajiralongkorn di atas takhta pada Sabtu (4/5/2019) seperti diberitakan kantor berita AFP meresmikan dirinya sebagai Raja Thailand.

Dimulai pada pukul 10.09 waktu setempat, publik diperkenankan untuk melihat momen langka saat ritual penting penobatan, yakni upacara penyucian, terjadi.

Resmi naik takhta, Raja Vajiralongkorn bakal bergelar sebagai Rama X dari Dinasti Chakri yang berkuasa di Negeri "Gajah Putih" sejak 1782 silam.

Upacara itu menggabungkan tradisi Hindu dan Buddha di mana setelah mandi dengan air yang diberkati, Raja Vajiralongkorn duduk di bawah payung sembilan tingkat.

Dalam titah pertamanya sebagai raja, penguasa monarki Thailand berusia 66 tahun itu bersumpah akan memerintah dengan "adil" serta mementingkan rakyat Thailand.

Istri keempatnya Ratu Suthida, yang dinikahi pada Rabu (1/5/2019), berlutut sebagai tanda pengbormatan di hadapan sang suami yang duduk di takhta.

Bagi kebanyakan masyarakat Thailand, ini adalah pertama kalinya bagi mereka melihat kemegahan upacara penobatan sejak mendiang Raja Bhumibol Adulyadej 1950 silam.

Salah satunya adalah Jakarin Kerdchok, relawan dari pelajar yang sibuk mengabadikan momen itu.

"Saya begitu senang bisa ambil bagian di momen ini," terang remaja 16 tahun itu.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved