Menteri Agama Imbau Ormas Harus Menahan Diri Tidak Lakukan Razia Selama Bulan Puasa

Menurut Lukman bulan ramadan adalah bulan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu.

Menteri Agama Imbau Ormas Harus Menahan Diri Tidak Lakukan Razia Selama Bulan Puasa
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) bersama Perwakilan MUI KH Abdullah Jaidi (kanan), dan Ketua Komisi VII DPR RI Ali Taher (kiri) menyampaikan keputusan sidang Isbat 1440 Hijriah di Jakarta, Minggu (5/5/2019). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta ormas menahan diri tidak melakukan sweeping atau razia dalam bentuk apapun selama bulan ramadan.

Menurut Lukman bulan ramadan adalah bulan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu.

"Karenanya, saya berharap sebagaimana yang saya sampaikan tadi sebuah himbauan mari setiap kita saling menghormati. Menghormati bulan suci ini. Sehingga tidak melakukan hal-hal yang bisa berpotensi menimbulkan kerawanan sosial," ujar Lukman Hakim saifuddin di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

Ia menuturkan, tidak perlu setiap pribadi mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri, karena negara ini merupakan negara hukum.

"Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita menahan diri. Mereka (aparat penegak hukum) yang punya kewenangan untuk melakukan hal seperti itu. Karena semua tindakan itu harus berdasarkan hukum," ungkap Lukman.

Lukman menegaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada ormas-ormas tersebut serta dibantu imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Semuanya sudah kami komunikasikan, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kegaduhan atau kerawanan sosial secara umum," kata dia.

Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Pemerintah, Ormas Islam Muhammadiyah dan PBNU, telah memutuskan awal Ramadan 1440H/2019M jatuh esok hari, Senin 6 Mei 2019.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan rasa syukurnya karena hampir seluruh umat muslim di Indonesia akan mengawali puasa secara bersamaan.

Halaman
123
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved