Pemilu 2019

Caleg Gerindra Laporkan Dugaan Adanya Suara 'Siluman' Ke Bawaslu Kota Bogor

dirinya terkejut dengan hasil penghitungan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Dapil 1 Bogor Timur-Tengah saat penghitungan suara di tingkat PPK.

Caleg Gerindra Laporkan Dugaan Adanya Suara 'Siluman' Ke Bawaslu Kota Bogor
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra Kota Bogor, Dapil 1 Bogor Timur-Tengah Pepen Firdaus melaporkan adanya dugaan suara siluman di TPS 25, Kelurahan Gudang kepasa Bawaslu Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra Kota Bogor, Dapil 1 Bogor Timur-Tengah Pepen Firdaus melaporkan adanya dugaan suara siluman di TPS 25, Kelurahan Gudang kepasa Bawaslu Kota Bogor.

Pepen mengatakan bahwa dirinya terkejut dengan hasil penghitungan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Dapil 1 Bogor Timur-Tengah saat penghitungan suara di tingkat PPK.

“Dari hasil data DA1 pleno tingkat kecamatan itu saya berada di posisi kedua dengan perolehan suara 2.281, sedangkan yang posisi ketiga berada di angka 2,268, tetapi, tiba-tiba suara yang posisi ketiga naik menjadi 2,296 suara tanpa ada alasan yang jelas dan katanya ada pleno revisi,” katanya saat ditemui Selasa (7/5/2019) di wilayah Bogor Timur usai berbuka puasa.

Menurutnya ada kejanggalan dari perolehan suara di TPS 25 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah.

Karena dari data yang dimilikinya perolehan suara itu tiba-tiba berubah sehingga Caleg yang berada dinposisi ke tiga mendapatkan suara sebanyak 28, padahal dari hasil C1 di TPS caleg bersangkutan tidak mendapatkan suara itu.

“Inilah yang menjadi dasar bagi kami untuk mengajukan laporan ke Bawaslu Kota Bogor, laporan sudah kami sampaikan sejak Jumat (3/5/2019) beberapa waktu setelah pleno kemarin dengan nomor 17 yang diterima langsung Nanang Umarsyah,” ucapnya.

Ia juga menegaskan akan terus mengawal proses ini sampai tuntas.

“Jangan sampai karena hanya data siluman saya mengecewakan relawan, saya akan terus kawal sampai terang benderang, beso juga kami akan memenuhi panggilan dari Bawaslu mengenai pengajuan gugatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Bogor, Firman Wijaya saat dikonfirmasi membenarkan terkait adanya laporan tersebut.

Nantinya kata Firman pihak Bawaslu akan melakukan klarifikasi terhadap terlapor.

"Besok semua pihak dipanggil untuk klarifikasi,” katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved