Seledupkan Sabu, Dua Warga Malaysia Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati

Dua warga negara asal Malaysia, Chia Kim Hwa, dan Henry Lau Kie Lee lolos dari tuntutan hukuman mati.

Seledupkan Sabu, Dua Warga Malaysia Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati
Surya
Dua penyelundup sabu asal Malaysia yang lolos dari tuntutan hukuman mati 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Dua warga negara asal Malaysia, Chia Kim Hwa, dan Henry Lau Kie Lee lolos dari tuntutan hukuman mati.

Jaksa penuntut umum hanya menuntut keduanya selama 20 tahun penjara.

Tuntutan terhadap dua terdakwa ini dibacakan oleh jaksa penuntut umum Winarko, di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (8/5/2019).

Dalam tuntutannya, terdakwa dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam pasal 113 ayat 2, pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 114 ayat (2) juncto pasal 132 UU RI no. 35 tahun 2009. Dalam pasal yang didakwakan ini, hukuman maksimalnya adalah pidana mati.

"Mohon pada majelis hakim agar menjatuhkan pidana selama 20 tahun penjara," ujar jaksa Winarko membacakan tuntutan.

Ia menambahkan, selain hukuman pidana kedua terdakwa juga didenda sebesar Rp 3 miliar. Apabila tidak dibayar, maka digantikan dengan pidana 10 bulan kurungan.

Menanggapi tuntutan ini, terdakwa melalui kuasa hukumnya, Fariji, meminta waktu satu minggu pada majelis hakim untuk menyusun  nota pembelaan. 

"Mohon waktu satu minggu untuk menyusun nota pembelaan yang mulia," ungkapnya.

Sebelumnya, kedua terdakwa diketahui menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 1,05 Kg melalui Bandara Juanda Surabaya. 

Meski membawa sabu dengan cara hanya ditempelkan di badan dengan menggunakan selotip, keduanya mengaku dapat lolos begitu saja dari pemeriksaan petugas di bandara.

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved