Pilpres 2019

Klaim Dapat 80 Juta Suara, Erick Thohir Sebut Jokowi-Maruf Amin Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi-Maruf Amin tetap akan menunggu pengumuman resmi KPU terkait hasil pemilu meski sudah memperoleh 80 juta suara.

Klaim Dapat 80 Juta Suara, Erick Thohir Sebut Jokowi-Maruf Amin Tunggu Hasil Resmi KPU
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir, saat ditemui, di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin mengklaim pihaknya sudah memperoleh 80 juta suara Pilpres 2019 dibanding pasangan Prabowo Subianto-Maruf Amin.

Hal itu disampaikan Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin Erick Thohir.

Meski demikian kata Erick Thohir, capres dan cawapresnya tetap akan menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil pemilu meski sudah memperoleh 80 juta suara.

Tapi katanya, tak ada salahnya TKN dan relawan mengadakan syukuran lantaran Jokowi-Maruf telah memperoleh 80 juta suara yang artinya telah memperoleh 50 persen lebih dari 155 juta suara sah di Pilpres 2019.

"Deklarasi ini bukan kami mau jemawa, tetapi tidak ada salahnya beliau terus bekerja, dan tidak ada salahnya TKN terus meng-update data dan fakta yang sah kepada publik," kata Erick Thohir di war room TKN, Gedung HighEnd, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Berdasarkan data real count war room TKN, perolehan suara Jokowi-Amin menembus batas psikologis 80 juta suara sekitar pukul 17.40 WIB.

Dengan memperoleh 80 juta suara dari total 155 juta suara sah di Pilpres 2019, saat ini komposisi suara Jokowi-Maruf Amin sebesar 56,08 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 43,92 persen.

War room TKN melakukan penghitungan suara berdasarkan salinan formulir C1 yang dikirim para saksi 01 pemegang mandat di seluruh Indonesia.

Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo Pagi Ini Jam 08.00 WIB, Data Masuk 73.16% Cek

Beredar Surat Pemecatan Ustaz Abdul Somad karena Bertemu Prabowo, Rektor UIN : Akan Kita Panggil

Klaim Kemenangan 62 % Prabowo-Sandi Ternyata Andalkan SMS, Ini Kata Sang Profesor Soal Setan Gundul

Erick menambahkan TKN optimistis komposisi perolehan suara pilpres saat ini tidak bergerak terlalu jauh jika dibandingkan dengan hasil resmi KPU.

"Data quick count dan real count enggak beda jauh juga. Kalau kita bandingkan dengan 2014, hari ini Jokowi bisa menang double digit dengan selisih 13-14 juta suara. Ini data dan fakta yang sah dan harus diterima," ujar Erick Thohir lagi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Klaim Raih 80 Juta Suara, Erick Thohir Sebut Jokowi-Ma'ruf Tunggu Hasil Resmi KPU"

Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Diamanty Meiliana

Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved