Soal Demo Kivlan Zen dan Eggi Sudjana, Sandiaga Uno: Kita Harus Dengar

Ia menilai, tidak ada yang salah dengan aksi unjuk rasa tersebut, sebab kebebasan menyatakan pendapat telah dijamin oleh undang-undang.

Soal Demo Kivlan Zen dan Eggi Sudjana, Sandiaga Uno: Kita Harus Dengar
Kompas.com
Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).(KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, Kivlan Zen dan Eggi Sudjana berhak menyatakan pendapatnya dengan menginisiasi aksi unjuk rasa sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

Ia menilai, tidak ada yang salah dengan aksi unjuk rasa tersebut, sebab kebebasan menyatakan pendapat telah dijamin oleh undang-undang.

Aksi unjuk rasa itu rencananya digelar di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kamis (9/5/2019).

"Kan sudah kita ketahui, untuk mengungkapkan satu kebenaran dan pendapat dilindungi oleh undang-undang. Jadi selama itu sesuai koridor hukum, tentunya tidak masalah ruang tersebut. Perbedaan pendapat itu sangat manusiawi, itu indah," ujar Sandiaga saat ditemui di Universitas Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Menurut Sandiaga, berbagai pihak seharusnya menghargai pendapat yang diutarakan oleh orang lain, termasuk dengan adanya perbedaan pandangan.

Di sisi lain, Sandiaga meyakini aksi unjuk rasa akan berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Kita harus dengar, dalam berbangsa dan bernegara, menghargai pendapat orang lain. Kalau pak Eggi itu kan ahli hukum, dia tahu sendiri mana yang melanggar dan tidak," kata Sandiaga.

Sebelumnya diberitakan, massa yang tergabung dalam Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (GERAK) akan melakukan aksi unjuk rasa di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, Kamis (9/5/2019).

Aksi unjuk rasa tersebut diinisiasi oleh Kivlan Zen dan Eggi Sudjana. Aksi unjuk rasa itu digelar untuk menuntut KPU dan Bawaslu membongkar tindakan kecurangan pada penghitungan suara pada Pilpres 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Minta Hargai Demo Kivlan Zen dan Eggi Sudjana"
Penulis : Kristian Erdianto
Editor : Sandro Gatra

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved